Halo sahabat techie! apakah kalian menggunakan headphone, headset atau earphone? saat menggunakan salah satu alat tersebut, kalian masih susah mendengarkan apa yang kalian ingin dengarkan di area public? mungkin karena terganggu dengan suara bising Itu artinya kalian butuh fitur noise cancelling!

tapi apakah kamu tau noise cancelling?

Noise cancelling atau noise cancellation adalah sebuah fitur atau suatu teknologi yang membuat suara dari luar tidak masuk kedalam headphone, earphone dan headset yang kita gunakan sehingga saat digunakan suara bising dari luar tidak akan mengganggu suara pada headphone/earphone yang sedang kita dengarkan. Nah, secara umum ada 2 jenis Noise Cancellation, yaitu Active Noise Cancellation dan Passive Noise Cancellation. 

Yang pertama ada Active Noise Cancellation, fitur kerja yang lebih kompleks dan bergantung dengan teknologi, tanpa perlu memiliki desain earcups yang besar.

Bagaimana cara kerjanya? headphone harus memiliki Built-in Microphone supaya Active Noise Cancellation bisa bekerja. Kenapa? Karena Mic tersebut berguna untuk mendengarkan suara bising dari luar seperti suara knalpot mobil, bahkan hingga suara jet pesawat dan lain nya loh!

Mic yang terletak didalam earphone atau headphone menangkap suara bising dari luar dan dikirimkan ke circuit noise cancellation. Setelah itu circuit akan mengirimkan ‘defense’ untuk melawan gelombang suara bising tersebut dan dikeluarkan melalui speaker di dalam earphone atau headphone yang kita gunakan sehingga akan menghasilkan suara senyap dan tidak mengganggu suara yang keluar dari speaker pada headphone/earphone kita sehingga lebih jelas suara yang kita dengarkan.

Lalu ada Passive Noise Cancellation, jenis ini hanya mengisolasi telinga dengan membuat desain earcups headphone yang menepis suara dari luar atau membuat telinga kita terisolasi dengan sempurna. Biasanya headphone ini memiliki ukuran earcups yang besar atau Over-Ear Headphone supaya telinga kita tertutup sempurna. Dengan desain earcups yang besar itu, maka telinga terisolasi dengan sempurna dan membuat gangguan suara dari luar tidak bisa masuk, sehingga kita tidak mendengar suara bising dari luar.

Itu dia sahabat techie pengertian dari noise cancellation atau fitur noise cancelling, menarik kan?