Halo sahabat techie, artikel hari ini kita akan ngebahas bagaimana cara kerja processor, dan pastinya kalian tahu kan kalau processor itu merupakan bagian penting dalam komponen di setiap gadget mulai dari PC maupun handphone.

Prosesor adalah sirkuit elektronik terintegrasi yang melakukan perhitungan yang menjalankan komputer. Prosesor mengeksekusi aritmatika, logika, input/output (I/O), dan perintah dasar lainnya yang dilewatkan oleh sistem operasi (OS). Prosesor juga dikenal sebagai unit pemrosesan pusat (CPU) atau mikroprosesor. Prosesor ditemukan di banyak perangkat elektronik modern, termasuk komputer pribadi, telepon pintar, tablet, dan perangkat genggam lainnya. Tujuannya adalah untuk mengambil input berupa instruksi program, melakukan triliunan perhitungan, dan  memberikan output yang  digunakan oleh pengguna.

Cara kerja prosesor adalah  membaca instruksi untuk melakukan tindakan tertentu. Instruksi dirantai, sehingga ketika dieksekusi secara real time, mereka membentuk pengalaman komputasi. Segala sesuatu yang dilakukan di komputer perlu ditangani oleh prosesor. Setiap kali Anda membuka folder, operasi ini membutuhkan prosesor. Anda juga memerlukan prosesor untuk memasukkan dokumen. Lingkungan desktop, jendela, menggambar grafik permainan, dll. adalah pekerjaan kartu grafis. Kartu grafis  berisi ratusan prosesor untuk bekerja dengan data dengan cepat secara bersamaan.

Dalam membuat processor, dibagi menjadi beberapa bagian dan komponen sebagai berikut:

  1. Control unit (CU)

Mengkoordinir lalu lintas data dan aktivitas data  di  komputer seperti input dan output. Kegiatan dapat dilakukan tanpa duplikasi dan dilakukan secara teratur.

  1. Artimatics Logical Unit (ALU)

Sebuah komponen yang melakukan perhitungan aritmatika sesuai dengan perintah yang diterima. Perhitungan digunakan oleh komputer untuk membaca instruksi dengan benar. Dengan komponen ini, prosesor benar-benar melakukan pekerjaan  penting pada  sistem.

3 Register Unit (RU)

Komponen ini merupakan perangkat penyimpanan yang berukuran lebih kecil dari memori utama dan memiliki kecepatan akses yang jauh lebih cepat. Data yang diproses oleh CU dan ALU  disimpan dalam komponen ini untuk diproses nanti.

Semoga artikel hari ini dapat memberikan informasi yang kamu sedang cari ya sahabat. Jika kamu memiliki permasalahan mengenai laptop, kamu bisa datang untuk mengkonsultasikan ke Pemmztechie yang ada di hj nawi dan tanjung duren ya sahabat!.