Halo sahabat techie hari ini kita akan ngebahas tentang apa sih perbedaan dari soundbar dan Home Theater. Yuk kita simak!

Sobat techie sebelumnya tahu gak sih tentang soundbar and home theater? persamaan nya atau mungkin apa yang membedakan kedua benda ini? Bahas bersama yuk!

Home theater

Home theater adalah seperangkat alat yang membantu anda mendesain ruangan  rumah Anda dengan kualitas suara yang lebih jernih, seperti di gedung bioskop atau gedung konser. Home Theater umumnya tersedia sebagai tipe 5.1ch yang didukung oleh 5 speaker dan subwoofer (perangkat yang menangani bass), atau tipe 5.2ch dengan 2 subwoofer. Ada juga tipe 7.1 channel yang didukung oleh 444 47 speaker dan subwoofer. Semakin banyak  speaker yang kita tambahkan, semakin ruangan terdengar seperti  bioskop. Tidak hanya itu, semakin banyak subwoofer yang dimiliki, semakin stabil pula efek suara tambahan yang diberikan. Jika ingin melengkapi speaker home cinema milik kita dengan peralatan playback seperti DVD, VCD, pemutar Blu-ray, dan amplifier AV, sobat techie pasti dapat meningkatkan suasana nyaman yang dapat kita semua nikmati di rumah kita!

Soundbar

Soundbar adalah sistem suara  yang ramping dan modern. Tidak seperti home theater yang sangat besar dan membutuhkan banyak kabel, soundbar itu mengemas beberapa unit speaker ke dalam satu dudukan kolom  panjang.  Bentuk umum dari soundbar adalah kotak memanjang yang dapat dipasang di dinding, dipasang di bawah atau di depan TV, atau diletakkan di  rak kabinet. Bentuknya yang efisien tidak  akan membatasi kita saat sedang menonton TV.

Selain itu, tampilan soundbar dapat meningkatkan sensasi suara khusus dibandingkan dengan TV langsung. Namun jika dibandingkan dengan home theater, suara dari soundbar lebih bagus dari home theater. Saat membeli soundbar, kita memerlukan dukungan subwoofer nirkabel untuk menghasilkan bass yang kuat. Subwoofer yang dapat dilepas ini dirancang untuk meningkatkan output suara yang lebih keras daripada subwoofer yang lebih kecil yang terpasang pada unit soundbar. Semakin panjang soundbar, semakin banyak driver yang dapat kita muat sobat techie.

kalau sahabat techie sendiri tertarik dengan yang mana? atau mungkin sudah punya? Yuk ceritain pengalaman kalian di kolom komentar, ditunggu ya!