Halo sahabat techie!

Sebelumnya kita ada sempat membahas tentang overheat, mulai dari pengertian hingga kenapa overheat bisa terjadi. Lalu apabila laptop kita overheat apa yang harus dilakukan ya?

1. Merawat dan melakukan check terhadap cooling system di laptop. 

Membersihkan cooling system juga crucial karena bisa saja dalamnya akan banyak sekali debu. Debu inilah yang menjadi salah satu penyebab sirkulasi udara dari dan ke dalam laptop menjadi tidak lancar. Akibatnya mekanisme penurunan suhu juga akan terganggu. Untuk mengatasinya kita bisa membuka casing laptop kemudian bersihkan debu-debu yang ada pada kipas GPU, CPU, dan Mainboard.

2. Meletakan laptop di tempat yang sesuai

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, banyak yang tidak tahu cara merawat laptop dan menggunakan laptop di sembarang tempat misalnya di atas kasur atau di atas bantal. Padahal, meletakkan laptop di atas bahan akan menghambat sirkulasi udara sehingga menyebabkan laptop overheat. Jika sobat techie ingin menggunakan laptop dalam keadaan santai, pastikan tatakan laptop yang digunakan keras misalnya meja.

3. Mengganti thermal paste

Thermal paste terletak pada atas prosesor dan memiliki fungsi untuk mengurangi hawa panas yang dihasilkan oleh prosesor laptop. Semakin lama penggunaan laptop, maka semakin berkurang kinerjanya. Masalah ini biasanya terjadi pada laptop berusia 3-4 tahun dan cara memperbaikinya adalah dengan mengganti thermal paste.

4. Bersihkan virus 

Virus dan malware dapat membuat laptop kita bekerja terus menerus tanpa henti, menguras memori dan cpu, akibatnya suhu laptop pun akan terus meningkat dan mengakibatkan laptop kita overheat

5. Ventilasi Udara dan sirkulasi udara yang benar

Ventilasi adalah jalan untuk keluar masuknya udara yang dialirkan oleh kipas. Untuk mengatasinya adalah bersihkan laptop dari debu dan jangan tutup ventilasi udara dengan tatakan bantal atau karpet dan memperhatikan sirkulasi udara ruangan tempat kita menggunakan laptop juga berpengaruh. Bekerja menggunakan laptop pada ruangan dengan suhu panas juga akan berpengaruh pada peningkatan suhu yang lebih cepat. Apabila kita menggunakan laptop di dalam kamar misalnya, pastikan sirkulasi udara kamar yang ditempati lancar. Bila perlu buka jendela lebar-lebar, tujuannya agar terjadi sirkulasi udara dingin dan udara panas dalam ruangan dan juga pada laptop. Tetapi apabila kamar yang sobat techie pakai sudah menggunakan AC, suhu udara kamar yang sudah didinginkan oleh AC akan menjadi penurun suhu yang cukup efektif untuk laptop yang panas.

6. Menggunakan cooling pad

Cooling pad adalah solusi murah dan mudah yang dapat dipakai untuk mengatasi laptop yang cepat panas. Kita dapat membeli Cooling Pad dengan bahan aluminium yang punya kemampuan menyalurkan panas dengan cepat. +

 

, minimal bisa mencegah agar tidak terjadi overheat karena sirkulasi yang benar,

Itu dia sahabat techie cara agar laptop kita tidak overheat dan tetap terjaga, hal ini dapat membantu kita agar laptop yang kita miliki bisa lebih awet.