Halo sahabat techie!

Processor merupakan bagian penting dari laptop karena dapat membuat laptop kita agar dapat berjalan dengan lancar. Processor yang dibutuhkan juga berbeda sesuai dengan pekerjaan, atau hal yang dilakukan seperti editing, bermain game, kuliah dan masih banyak lagi.

Processor sendiri memiliki banyak ragam dan jenis tetapi ada 2 merk yang bersaing dengan ketat dalam memproduksi processor dan kedua merk ini sudah dikenal sejak lama.

Lalu apa perbedaan processor milik intel dan AMD? Yuk bahas bersama!

1. Segi Harga

AMD menjual product yang lebih murah dan lebih dapat dijangkau daripada intel. Processor milik AMD dengan level menengah ke bawah pada umumnya selalu lebih murah dibandingkan dengan merk Intel tetapi memiliki spesifikasi yang sama. Tetapi, untuk prosesor level menengah ke atas, harga yang ditawarkan AMD dan Intel terkadang tidak berbeda jauh.

2. Kecepatan

Perbedaan kedua dari AMD dan Intel disini dapat dirasakan dari kecepatan sebuah perangkat yang dimiliki laptop. Terbukti dalam sebuah uji bahwa  Intel ternyata lebih unggul dari AMD. Meski tidak kalah telak, namun Intel sukses menjalankan berbagai program lebih cepat dari AMD.

3. Suhu

Perbedaan AMD dan Intel di sini akan dapat dirasakan karena biasanya memang prosesor AMD akan lebih panas jika digunakan lama. Untuk suhu, Intel memang lebih unggul dalam mengatasinya.

Kebanyakan prosesor Intel telah dibekali teknologi pengurang kinerja prosesor saat suhu mulai meningkat, sementara AMD belum. Prosesor Intel biasanya memiliki rating TDP (Thermal Design Point) yang lebih rendah dibanding AMD. Ini artinya prosesor Intel tidak lebih cepat panas dibanding AMD. 

Faktor suhu tidak bisa dipandang sebelah mata, karena jika suhu makin panas, performa prosesor akan semakin menurun dan lebih boros listrik. Prosesor AMD cenderung lebih cepat panas karena memiliki jumlah core lebih banyak dibanding Intel. Walaupun semakin banyak core akan membuat prosesor makin kencang, tapi sebagai konsekuensinya adalah prosesor jadi lebih cepat panas.

4. Keamanan dari virus

Dalam penggunaan perangkat elektronik seperti laptop, kita harus memikirkan segi lain nya salah satunya adalah bagaimana prosesor tersebut dalam menangani virus. Karena pasti kita tidak mau laptop yang baru kamu beli terkena masalah gara-gara virus komputer yang menyerang laptop kita kan? Perbedaan AMD dan Intel akan dapat kita rasakan saat mempertimbangkan faktor ini. Prosesor AMD dikenal telah dibekali teknologi terbaru yang dapat mampu mendeteksi virus sebelum sempat menginfeksi laptop kita.

Dengan adanya perlindungan tersebut, laptop yang menggunakan prosesor AMD biasanya akan mampu memproteksi perangkatnya dan tidak akan diproses setelah mengetahui adanya virus di dalamnya. Sementara itu prosesor Intel belum mampu melakukan hal ini.

Itu dia sahabat techie beberapa perbedaan processor AMD dan Intel, kalau kamu lebih memilih menggunakan yang mana nih sahabat? Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat ya.