Halo Sahabat techie,  artikel kali ini akan membahas mengenai hal yang berhubungan dengan internet nih, kira-kira apasih? internet sudah jadi bagian hidup dari sobat techie, apalagi dimasa pandemi ini yang dimana semua hal dilakukan secara online sehingga kita butuh jaringan internet untuk bekerja.

Umumnya kita pasti mengenal internet dan pakai kuota atau wifi untuk mengakses internet. Nah untuk menggunakan wifi, internet nya dipancarkan atau disebarkan menggunakan perangkat tambahan seperti modem atau router. Lalu apa bedanya modem dan router ya?

1. Modem

Modem atau Modulator Demodulator perangkat ini umumnya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet tanpa menggunakan kabel berfungsi sebagai pengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa, sedangkan Demulator berfungsi sebagai pemisah sinyal.

Setiap modem memiliki Internet Protocol (IP) Address atau alamat IP yang berbeda-beda.  Alamat IP ini berguna sebagai tanda pengenal ketika pengguna ingin mengakses sebuah situs. Untuk bisa terkoneksi ke jaringan internet, pengguna membutuhkan bantuan aplikasi yang umumnya telah dirancang khusus untuk setiap jenis model modem. Modem menyediakan dua lubang port, di mana satu port berfungsi sebagai penghubung antara modem ke jaringan internet. Sementara satu port lainnya dapat menghubungkan modem ke perangkat komputer atau router menggunakan jaringan kabel ethernet.

Modem dibagi menjadi 2 macam, yaitu internal modem dan eksternal modem. Modem internal adalah modem yang sudah terpasang dalam CPU PC, sedangkan modem eksternal adalah modem yang dipasang di luar komputer.

2. Router

Selanjutnya adalah Router, perangkat yang digunakan untuk menghubungkan sejumlah jaringan komputer dengan mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan ke tujuannya melalui proses routing.

Router membutuhkan modem untuk dapat menghubungkan komputer dengan internet. Cara mengubungkan komputer dengan router pun cukup mudah, via WiFi ataupun via Ethernet.

Router sendiri adalah sebuah perangkat networking yang bekerja dengan menghubungkan jaringan perangkat seperti smartphone, laptop, dan tablet ke layanan internet. Secara garis besar, router menjadi jembatan untuk menyalurkan jaringan internet ke beragam jenis perangkat yang terkoneksi ke router.

Dibanding modem, router memiliki keunggulan untuk mampu mendistribusikan WiFi ke banyak perangkat sekaligus, sehingga dapat terhubung ke internet. Router biasanya memiliki port ethernet berkode warna khusus yang digunakan untuk terhubung secara fisik ke modem (Wide Area Network/WAN). Ada pula empat port ethernet tambahan yang dapat dihubungkan ke perangkat untuk membentuk jaringan area lokal (Local Area Network LAN).

Itu dia perbedaan yang ada mengenai modem dan router sahabat techie, udah tau kan sekarang perbedaanya. Jika kamu memiliki masalah pada perangkat, yuk datang langsung ke Pemmztechie untuk konsultasi, gratis loh!