Hello Sahabat Techie!

Artikel hari ini akan membahas mengenai pengaturan airflow. apasih itu airflow? kegunaan airflow untuk apa ya? airflow yang dimaksud di artikel ini adalah airflow pada casing PC kita!

Hal yang harus diperhatikan ketika memilih casing PC kita adalah airflow atau bagaimana flow atau sirkulasi udara di dalam casing nantinya akan bekerja. 

Hal lainnya adalah untuk memperhatikan apakah casing PC tersebut mendukung atau menyediakan tempat untuk cooling system? Dan kira-kira ada berapa banyak jumlah kipas pendingin yang dapat dipasang pada casing pc tersebut ya?

Kenapa kita harus memperhatikan semua ini sahabat techie? jawabannya adalah karena hal ini dapat mempengaruhi performa PC kalian loh, sehingga tidak boleh di abaikan.

Pengertian Airflow

Airflow atau sirkulasi udara yang baik adalah dimana hawa atau udara panas didalam bagian-bagian pc dapat bergerak dengan baik sehingga tidak overheat, dan udara terdistribusi dengan baik. 

Jumlah kipas yang menghisap udara keluar casing pc tentunya harus lebih banyak dan memiliki daya hisap kuat dibanding fan yang mensupply udara masuk ke dalam casing. Sebenarnya hal ini adalah peraturan dasar yang harus diperhatikan oleh pengguna PC.

Jadi harus benar-benar dipastikan udara yang masuk ke dalam casing memiliki suhu ruangan tempat PC diletakan dan tidak bertabrakan dengan aliran udara panas yang keluar dari casing. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan tekanan negatif didalam casing pc sehingga dapat menjadikan suhu di dalam casing menjadi lebih rendah.

Semakin rendah tekanannya maka suhu akan semakin dapat diturunkan. Tekanan negati pada casing pc ini akan sangat berguna jika komputer pc diletakan pada ruangan yang tidak dipasang AC

Selain itu kita harus memakai cooling system atau fan yang memang mensupport perangkat kita dengan baik untuk menjaga performa dan ketahanan perangkat kita dan kita sebagai user harus memastikan kebersihan casing PC atau komputer kita agar airflow dapat bersikulasi dengan baik setiap saat.

Ini bisa dibilang merupakan salah satu upaya agar umur dan jangka waktu penggunaan perangkat kita tetap terjaga dan lebih lama, jadi kita harus merawat perangkat kita sebaik mungkin.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk mendapatkan atau menambah informasi mengenai airflow ya sahabat techie!