Hai sahabat Techie!

Pernah denger gak sih tentang media penyimpanan komputer atau hardware kita yang disebut dengan HDD atau SDD?

HDD dan SSD merupakan sebuah perangkat yang berguna sebagai media penyimpanan. HDD dan SSD sendiri berbeda loh jenisnya, karena ternyata banyak yang masih bingung akan perbedaan kedua benda tersebut dan mengapa benda tersebut berbeda.

SSD adalah Solid State Drive, dan HDD adalah Hard Disk Drive.

HDD memiliki Drive C, D, dan E yang merupakan tiga komponen penyimpanan yang mewakili hard drive dari hardware. Media penyimpanan satu ini bekerja menggunakan piringan cakram yang bergerak dalam memproses data.

Karakteristik fisik dan teknis suatu hardisk ditentukan oleh berbagai faktor, contohnya adalah seberapa besar space penyimpanan, speed transfer suatu data, dan seberapa besar atau banyak memori yang digunakan dalam menyimpan data

SSD merupakan inovasi yang lebih baru daripada HDD dimana menyimpan menggunakan chip memory yang ditanam didalam komputer. SSD bisa menulis dan menyimpan data secara cepat serta data bisa dilakukan dengan proses digital karena teknologi chip.

Cara kerja dari kedua media penyimpanan ini berbeda karena SSD meggunakan sistem elektrik dan HDD menggunakan sistem elektrik digabung dengan mekanik, hal ini terjadi karena SSD yang sudah menggunakan chip hal ini membuat proses kerja SSD lebih cepat daripada HDD.

Selain itu karena HDD menggunakan sistem mekanik, oleh karena itu listrik yang digunakan cukup memakan daya karena piringan yang terus berputar, dibandingkan dengan SSD yang bisa lebih hemat energi.

SSD memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan HDD. Biasanya, komputer yang memakai SSD memiliki kapasitas sekitar 128 hingga 256 GB akan tetapi kapasitas ini dapat kita upgrade saat kita inginkan, mungkin karena memory yang mulai penuh, kita dapat menambahkan memori.

Tentunya dengan biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Sedangkan, kapasitas HDD lebih besar dibanding SSD. Umumnya, 500 GB merupakan standar minimal kapasitas HDD di pasaran. Sedangkan kapasitas maksimalnya mencapai 2,1 TB. 

SSD sendiri memiliki harga yang lebih mahal dibanding HDD. Dengan kisaran harga Rp500 ribu Anda baru mendapatkan SSD dengan kapasitas 256 GB saja. Dimana kisaran harga yang sama, bisa mendapatkan HDD dengan kapasitas 1 TB.

Nah dengan perbedaan itu coba dibandingkan dan gunakan sesuai yang kita butuhkan, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda ya sahabat. 

Jika kamu ingin memasang atau upgrade SSD atau HDD, kamu bisa langsung membawanya ke Pemmztechie yang ada di Tanjung Duren dan Haji Nawi!