Hallo sahabat Techie!

Di zaman ini banyak banget teknologi baru diberbagai device yang kita gunakan tentunya, salah satunya adalah headset. Pastinya kalian udah tau kaloau sekarang ini sudah banyak technology pada headset yang bernama 7.1 surround, tapi apakah kalian tau, kalau ternyata sebelumnya udah ada juga nih teknologi yang dinamakan 5.1 dan stereo. Lalu apa sih yang menjadi bedanya dari kedua teknologi yang ada pada heasdset tersebut? Yuk, simak penjelasannya kali ini.

Jadi pada dasarnya teknologi 5.1 surround itu memiliki enam saluran, lima saluran, dan subwoofer. Karena system 5.1 surround hanya memiliki paling banyak enam saluran saja, dimana dibagi kedalam satu bagian tengah, satu subwoofer, dan dua bagian dibagian kanan dan dibagian kiri, maka akan lebih mudah untuk mengatur posisinya.

Lalu untuk teknologi 7.1 surround sendiri adalah pengembangan dari teknologi 5.1 dimana dengan menambahkan 2 speaker dengan karakterisitik suara yang lebih rendah.

Biasanya teknologi 7.1 surround di temukan di perangkat keras seperti speaker home theater, cinema, dan lainnya. Tetapi sekarang ini teknologi 7.1 surround sudah banyak di implementasikan kedalah headphone, headset, earphone dan sebagainya.

Biasanya, dalam perangkat headset dan headphone kalian bisa mengatur dan didukung melalui software khusus yang sudah disiapkan oleh setiap brand yang mengadaptasi teknologi 7.1 surround. Sekarang ini, jenis headphone dengan tipe 7.1 surround dibagi menjadi 2 jenis, yaitu tipe “Adaptive” dan juga tipe “Real”. 

Dari jenis kualitas suaranya sudah pasti tekonologi 7.1 surround tipe real akan terdengar lebih bagus, meskipun tidak memiliki perbedaan yang begitu besar, karena tipe Adaptive juga mempunyai suara yang memiliki karakteristik hamper terdengar seperti nyata. Biasanya 7.1 surround sudah bisa melakukan sync dengan Dolby Atmos dan DTS Sound yang bisa membuat suara terdengar lebih nyata dan meningkat kualitas dari suara tersebut.

Nah gimana sahabat, sekarang udah tau kan perbedaan dari kedua teknologi tersebut? Emang sih teknologi 7.1 surround pada headset lebih bagus, tapi udah pasti harganya juga berbeda jika dibandingkan dengan teknologi 5.1 jadi disesuaikan dengan budget yah!

Nah kalian lebih pilih yang mana nih? Tapi tetap harus disesuain dengan kebutuhan kalian ya! Sampai disini aja artikel hari ini, ketemu lagi ya di artikel selanjutnya!