Terdapat banyak sekali hal sepele yang sebenarnya dapat memberikan efek negatif ke laptop dan membuat laptop menjadi lemot ketika kamu gunakan, menurut kamu apa saja sih yang bisa memberikan efek negatif? Jika kamu masih belum tau, kamu bisa menyimak artikel ini dengan seksama ya sahabat, berikut penyebab laptop lemot yang perlu kamu ketahui!

1. Aplikasi terlalu banyak

Mungkin dari kalian mengunduh banyak aplikasi yang tidak digunakan sehingga menyebabkan laptop yang kamu miliki menjadi lebih lambat dan memori menjadi penuh karena hal tersebut.  Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background dan otomatis aktif saat diaktifkan, hal ini akan membuat kinerja perangkat jadi berat dan membutuhkan proses booting yang lebih lama.

2. Umur harddisk yang sudah lama

Jika Umur harddisk sudah terlalu lama dan kamu merasakan proses read and write berjalan lebih lama dari biasanya. Kapasitas harddisk yang sudah penuh bisa menyebabkan kinerja semakin berat dan membuat laptop menjadi lemot. Jika Hard Disk sudah hampir penuh mencapai 95 persen, sangat besar kemungkinan laptop akan lemot

3. Terlalu Banyak Temporary Files 

Tahukah kamu kalau keberadaan temporary files ini akan memakan ruang hard disk yang harusnya tersisa untuk digunakan sebagai page file agar dapat membantu RAM menjalankan berbagai program.

4. Jarang Update OS

Selain mencegah laptop menjadi lemot, meng-update OS di laptop juga berfungsi untuk  memperbaiki sistem operasi dari kemungkinan bug yang terjadi agar lebih kebal dari serangan virus atau hacker.

5. Infeksi Malware

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah laptop seperti yang telah disebutkan sebelumnya, namun penyebab laptop lemot tetap tidak teratasi, maka kemungkinan besar laptop kamu telah diserang oleh malware.

6. Browser Terlalu Berat

Faktor lain yang juga dapat menjadi penyebab laptop lemot adalah faktor browser. Ketika membuka browser, sering kali kamu membuka banyak tab pada browser tersebut untuk mengakses beberapa situs sekaligus. Ternyata hal ini dapat memberikan beban yang lebih besar pada RAM komputer. Misalnya saja jika kamu membuka 10 tab secara bersamaan, tentunya beban pada RAM komputer juga akan menjadi sepuluh kali lipat. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, usahakan untuk tidak membuka tab terlalu banyak saat sedang menggunakan browser.

Itu dia penyebab-penyebab kenapa laptop kamu menjadi lemot, jika kamu memiliki masalah pada perangkat laptop atau PC kamu, kamu bisa langsung membawanya ke Pemmztechie ya sahabat.