Halo sahabat techie!

Pada era sekarang ini tentunya banyak sekali gamer enthusiast, jika kalian seorang gamers, maka tentunya kalian membutuhkan PC yang menunjang permainan kalian. Tidak banyak orang pun memilih untuk merakit PC sendiri. Tetapi tahukah kamu merakit PC sendiri tanpa adanya informasi lengkap malah bisa merusak rangkaian PC kalian dan tidak bisa menyala. 

Pada artikel kali ini Pemmztechie akan membahas beberapa yang sangat penting untuk kalian ketahui sebelum merakit komponen PC,berikut ini! Yuk simak!

1. Lindungi bagian badan dan CPU 

Dalam merakit hal pertama yang harus diperhatikan yaitu, melindungi bagian badan dan CPU yang merupakan logam dan perangkat listrik yang sangat rentan terhadap musuh utama mereka air dan listrik statis yang bisa saja dihasilkan oleh bagian tubuh kita sendiri. oleh karena itu, pastikan bahwa lantai dan tangan kalian tidak ada listrik statis dan hindari karpet yang terlalu tebal lalu jauhi dari perangkat elektronik lainnya. 

2. Pasang bagian yang paling penting terlebih dahulu.

Hal yang paling penting yang harus dipasang yaitu komponen CPU yang tidak memiliki aliran kabel terlebih dahulu.  karena ketika motherboard,CPU akan sulit untuk diotak atik karena motherboard akan dipasang secara miring prosesor dan kipasnya, serta RAM harus terpasang di motherboard sebelum direkatkan pada dinding casing.

3. Pahami bagian Motherboard

Biasanya pada bagian tengah dari motherboard yang dikhususkan untuk prosesor,sekelilingnya akan memiliki space tempat untuk memasangkan kabel agar daya listrik maupun data mampu dialirkan. biasanya kita juga harus menghafalkan slot yang berupa sebuah connector yang sangat beragam bentuknya,Kabel power, front panel (tombol On/Off, dan perangkat dari casing), serta kabel SATA untuk penyimpanan harus dipasang sesuai slot mereka.

4. Perhatikan penataan manajemen pada saat merakit PC

Untuk saat ini casing sudah sangat modern yang dimana terdapat beberapa lubang yang berfungsi untuk menyembunyikan kabel dari perangkat yang akan terhubung ke motherboard. akan lebih baik jika kita menggunakan fitur ini agar sisa kabel yang menggulung tidak mengendap di bagian tengah casing CPU yang kalian bisa tata dengan rapi di bagian belakang sehingga mengurangi juga resiko terhadap motherboard. 

5. Pasang pendingin tambahan di casing CPU

Biasanya casing CPU akan sangat memerlukan kipas pendingin yang bisa berguna untuk membuang hawa panas yang biasanya dihasilkan oleh prosesor dan GPU,yang kalian sendiri harus mengatur aliran dingin dari kipas yang mampu membuang residual panas ke arah belakang dari casing sendiri yang sederhananya  membutuhkan sekitar tiga kipas untuk menyedot udara dan satu kipas yang berdekatan dengan motherboard. 

jadi gimanasahabat techie? tertarik untuk mencoba merakit PC sendiri?