Sahabat techie pasti pernah bertanya tanya, kenapa ya harus menjaga suhu laptop atau pc agar tetap dingin? kenapa ya laptop bisa overheat? kenapa airflow tidak berjalan lancar dan sebagainya.

Menjaga PC atau laptop kita tetap dingin merupakan hal yang penting loh! untuk menghindari banyak kerusakan, yuk bahas bersama!

Pendinginan PC merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat merakit PC. Hal Ini sudah merupakan pengetahuan umum bagi banyak perakit PC, tetapi mencari tahu mengapa pendinginan merupakan bagian integral dari suatu pembuatan dapat berguna, sebagaimana menerapkan prinsip-prinsip ini pada rakitan baru.

Dasar-dasarnya sederhana: beban kerja yang berukuran besar (seperti game) menyebabkan panas yang dihasilkan perangkat keras. Komponen yang mengalami panas berlebih dapat mengakibatkan masalah kinerja. Penyetelan yang ideal menjaga semua komponen tetap dingin dan memungkinkan untuk mendapatkan kinerja terbaik dari sistem.

Panas juga dapat mempengaruhi performa PC atau laptop kita loh sahabat! terlalu banyak panas bisa menyebabkan perlambatan di seluruh sistem.

Jika suhu CPU terlalu tinggi, sebuah mekanisme akan memicu kinerja yang dikurangi untuk menghindari kerusakan pada prosesor. Menurut Mark Gallina, System Thermal & Mechanical Architect di Intel, “CPU Intel menghasilkan fitur manajemen termal yang sangat kokoh, yang dengan cepat menyesuaikan frekuensi operasi untuk mengurangi daya ketika solusi pendinginan sistem tidak mencukupi.”

Mekanisme keselamatan ini, yang terkadang disebut sebagai penskalaan frekuensi dinamis, berguna untuk melindungi prosesor Anda dari potensi kerusakan. Namun, perlindungan ini memengaruhi kinerja saat aktif. Pilihan yang lebih baik adalah membiarkan CPU cukup dingin sehingga mekanisme tersebut tidak terpicu sama sekali.

Banyak laptop yang menggunakan prosesor Intel® Core™ terbaru menggunakan fitur yang disebut Dynamic Tuning. Proses ini menggunakan AI untuk memprediksi beban kerja, dan dapat meningkatkan atau menurunkan kinerja CPU sebagaimana yang diperlukan untuk mengimbangi alur kerja tersebut. Ini semua dilakukan secara otomatis oleh komputer, tanpa memerlukan penyesuaian manual oleh pengguna

Tetapi tenang saja sahabat, banyak loh cara untuk menjaga laptop atau PC tetap dingin! Ada banyak cara untuk menjaga CPU tetap dingin, dari minyak mineral hingga pendinginan pasif, tetapi sejauh ini solusi yang paling populer adalah pendingin CPU udara atau cair. Pendingin ini menawarkan berbagai fitur dan opsi untuk kasus penggunaan apa pun, dari desktop ke sistem portabel. Laptop biasanya menggunakan sistem pendinginan udara canggih yang dirancang khusus untuk chassis yang lebih kecil dan biasanya tidak dirancang untuk ditingkatkan atau diganti.

Pasta thermal yang diterapkan dengan benar juga merupakan bagian kunci dari solusi pendinginan, karena berfungsi sebagai jembatan antara CPU dan pelat pendingin dari pendingin CPU.Bukan hanya CPU yang memerlukan manajemen suhu. GPU (graphics processing unit) adalah komponen penting lain dalam sebuah PC game dan juga perlu didinginkan dengan memadai. Solusi pendinginan GPU telah dipasang sebelumnya dan biasanya terdiri dari kipas yang dipasang dalam selubung di sekitar prosesor grafis. Selain itu, tersedia solusi purna jual seperti blok pendinginan cairan serta pendingin udara khusus untuk perakit tingkat lanjut yang tidak segan mencopot kartu grafis untuk opsi pendinginan yang lebih disesuaikan.

Suhu GPU dan CPU harus diprioritaskan, karena ini adalah pusat pemrosesan utama PC game. Namun pertimbangan tersebut bukanlah satu-satunya.

Nah itu dia sahabat kenapa PC atau laptop kita harus tetap dingin dan cara untuk merawat laptop agar tidak panas!  Jika kamu memiliki permasalahan pada suhu laptop, ada baiknya segera membawa nya ke Pemmztechie