Laptop tentunya memiliki komponen hardware yang memiliki fungsi masing-masing yang harus bekerja dengan baik untuk menunjang produktivitas laptop. Tetapi sahabat techie, apakah kalian mengetahui apa saja sih jenis-jenis hardware yang ada di laptop? Jika kamu belum tau, yuk simak artikel berikut ini.

  1. Casing

Pada saat kamu membeli laptop, tentunya casing adalah komponen yang pertama kali kita lihat dan sentuh. Casing sendiri berguna untuk melindungi komponen lainnya yang terdapat pada bagian dalam laptop dari kotoran. Casing juga dapat melindungi laptop dari benturan.

  1. Layar

Layar laptop umumnya mempunyai berbagai macam teknologi yang menampilkan visual sesuai dengan kebutuhan para pengguna nya. Seperti para pekerja seni yang membutuhkan layar laprop dengan warna yang akurat.

  1. Keyboard

Keyboard tentunya merupakan hal yang krusial juga, fungsi utamanya untuk memberikan perintah atau input data berupa angka, huruf dan simbol. Biasanya laptop dilengkapi dengan teknologi backlit keyboard untuk kenyamanan mengetik pada saat ruangan gelap.

  1. Baterai

Laptop terbaru biasanya sudah memiliki baterai tanam, dan untuk laptop keluaran lama tentunya masih menggunakan baterai yang dapat dicopot pasang. Baterai tentunya berfungsi sebagai pemasok daya dan menyimpan daya agat laptop tetap bekerja.

  1. Power Adapter

Power adapter digunakan untuk tempat plug in charger yang berfungsi memberikan daya listrik untuk mengisi baterai.

  1. Motherboard

Motherboard merupakan komponen yang penting atau bisa dibilang sebagai inti pengendali yang mengatur kerja seluruh komponen, seperti SSD, HDD, RAM, dan VGA

  1. Prosesor

Prosesor merupakan otak dari sebuah laptop, tanpa prosesor laptop tidak akan berfungsi, kenapa? Karena setiap data yang masuk akan diproses oleh prosesor dan keluar dalam bentuk grafis yang dapat dilihat melalui layar. Prosesor juga mengintegrasikan seluruh komponen hardware agar dapat bekerja sesuai dengan fungsi masing-masing.

  1. RAM dan Storage

Kedua hardware ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Perbedaanya adalah pada waktu penyimpanannya, RAM berfungsi sebagai penyimpan data sementara, sedangkan hard disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data permanen.

  1. CPU

CPU atau VGA Card berfungsi untuk menerjemahkan data yang masuk kepada prosesor menjadi gambar pada layar laptop. GPU juga sangat penting bagi kita sehari-hari berhubungan dengan aktivitas kreatif, seperti desain grafis.

Sahabat techie jika kamu memiliki masalah laptop, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie di nomor 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat), kalian juga bisa kunjungi