Halo sahabat techie, kamu tau nggak sih apa itu motherboard? Motherboard sendiri bisa dikatakan sebagai jantung dari PC desktop. Tapi tahukah kamu sahabat kalau motherboard sendiri terbagi menjadi 3 jenis, seperti ATX, Micro ATX dan Mini ITX. Apasih perbedaan nya? Yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui perbedaannya ya sahabat!

  1. Motherboard ATX

Motherboard ini diciptakan oleh intel di tahun 1995. Motherboard jenis ini mendominasi PC selama 25 tahun lamanya. Memiliki jenis yang lebih besar lagi, dinamakan dengan jenis EATX, ATX sendiri mempunyai ukuran 12 inci x 9,6 inci.

Spesifikasi tersebut mengharuskan semua motherboard ATX berukuran ini dan juga menentukan lokasi titik pemasangan, panel I/O, konektor daya, dan berbagai antarmuka koneksi lainnya.

Dilihat dari perbandingan ketiganya, motherboard form factor ATX adalah jenis yang terbesar, dan model motherboard ini tentunya banyak di jumpai.

  1. Motherboard Micro ATX

Memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding ATX, karena memiliki ukuran 9,6 x 9,6 inci. Motherboard ini memiliki jumlah port atau slot untuk berbagai komponen yang sama seperti jenis ATX.

Jumlah port yang banyak ini memungkinkan PC memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Tetapi jika kamu yang menginginkan PC dengan ukuran ringkas, kamu bisa mengandalkan motherboard MicroATX yang memiliki empat slot PCIe.

  1. Motherboard Mini ITX

Motherboard jenis ini memiliki ukuran yang paling kecil, yaitu 6,7 x 6.7 inci. Motherboard ini pertama kali dikenalkan pada 2001 oleh Via Technologies.

Jenis motherboard ini ditujukan untuk pengguna yang ingin memiliki PC mini. Kekurangannya adalah jumlah port yang jauh lebih sedikit dan RAM yang terbatas pada mini ITX ini.

Sahabat techie hal yang harus kamu ingat adalah, komponen yang terpasang harus disesuaikan antara ukuran motherboard dan sasis PC yang digunakan. Jika kamu masih bingung untuk memilih motherboard yang sesuai, kamu bisa bawa ke Pemmztechie aja sahabat, yuk segera konsultasikan langsung ke Pemmztechie di nomor 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).