Halo sahabat techie, kamu tau nggak sih apa perbedaan SSD dan HDD? HDD biasanya memiliki fungsi untuk menyimpan data pada laptop/komputer kamu. Namun seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang sehingga muncul teknologi SSD (Solid State Drive) yang memiliki perbedaan dari segi kemampuan penyimpanan data.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan SSD dan HDD, sebelumnya yuk kita bahas apa itu HDD dan apa itu SSD.

  • Apa Itu HDD?

HDD atau Hard Disk Drive yang digunakan untuk menyimpan data pada laptop atau komputer yang menggunakan piringan cakram dimana bergerak dalam proses penyimpanan data. Didalam piringan cakram terpasang kompinen untuk menulis dan membaca data, piringan cakram akan berputar dengan kecepatan ribuan putaran per menit (RPM).

  • Apa itu SSD?

SSD atau Solid State Drive adalah sebuah teknologi inovasi baru untuk menyimpan data menggunakan chip memory yang tertanam didalam laptop menggantikan piringan cakram pada HDD. SSD bisa menulis dan menyimpan data secara cepat karena proses datanya dilakukan secara digital.

Jika kamu sudah mengetahui definisi SSD dan HDD secara umum, yuk kita masuk ke pembahasan mengenai perbedaan SSD dan HDD ya sahabat techie!

1. Cara kerja SSD dan HDD

Perbedaan SSD dan HDD yang perlu kamu ketahui adalah dari segi aspek cara kerjanya. HDD menggunakan piring cakram sedangkan SSD menggunakan chip atau flash memory. HDD memproses dengan sistem mekanik yang membaca file dalam satu piringan dengan artian dan jeda sedangkan SSD sudah menggunakan sistem digital yang artinya mentransfer partikel dalam chip tanpa jeda.

2. Kecepatan Proses Data

SSD menggunakan chip memory yang artinya tidak memerlukan bagian untuk bergerak sehingga memproses tanpa jeda dan SSD bekerja dengan performa baca dan tulis data 25-100 kali lebih cepat dibandingkan HDD. Hal ini memudahkan untuk membuka beberapa program secara bersamaan tanpa adanya jeda atau lagging.

3. Ketahanan Komponen

Komponen yang terdapat pada HDD terdiri dari piring cakram sedangkan SSD sudah menggunakan chip digital. SSD lebih aman ketika ada guncangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen yang bisa merusak chip pusat di HDD. Sedangkan HDD sangat rawan mengalami kerusakan dikarenakan memiliki piring cakram yang ketika terjadi guncangan data juga rawan untuk rusak.

  1. Konsumsi Listrik

SSD menggunakan chip sehingga tidak membutuhkan daya listrik yang banyak karena chip tidak perlu beroperasi secara mekanik. Sedangkan HDD menggunakan sistem mekanik, sehingga piringan harus terus berputar agar bisa diproses. Jadi bisa dibilang SSD lebih hemat listrik dibandingkan HDD.

  1. Perbedaan Kapasitas

HDD memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan SSD. Umumnya HDD memiliki standar kapasitas minimal 500 GB dengan maksimal mencapai 2.1TB. Sedangkan SSD memiliki kapasitas sekitar 128 GB dengan maksimal 256GB yang tentunya dapat di upgrade.

  1. Usia

Keduanya tentu memiliki batas umur, teteapi SSD akan mengalami penurunan kualitas yang diukur dengan satuan Terabytes Written(TBW). Sedangkan HDD memiliki batas waktu yaitu Mean Time Between Failure (MTBF) setiap memproses akan membuat MTBF semakin dekat sehingga harus mengganti HDD ketika mencapai MTBF.

  1. Harga

SSD memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan HDD, dengan kisaran harga dibawah 1 juta mendapatkan kapasitas 256 GB sedangkan dengan harga yang sama dibawah 1 juta kalian bisa mendapatkan HDD dengan kapasitas 1 TB.

Jadi gimana sahabat? Kira-kira kalian lebih tertarik dengan SSD atau HDD? Jika kamu ingin upgrade SSD atau HDD, yuk segera bawa ke Pemmztechie, kamu juga bisa menghubungi kami di nomor 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).