Halo sahabat techie,

Komputer ataupun laptop, tentunya mempunyai berbagai macam hardware, tetapi ada hardware utama yaitu monitor. Monitor sendiri berfungsi untuk menampilkan perintah apa saja yang dimasukkan sebagai perangkat input dan output yang sedang berjalan.

Tapi tahukah kamu apa yang akan terjadi jika monitor tidak bisa menampilkan perintah yang seharusnya atau bisa disebut no signal?

Monitor no signal sendiri biasanya disebabkan karena komputer sudah di usia yang tua atau PC yang baru di rakit. Sumber masalah dari monitor yang no signal biasanya berasal dari perangkat itu sendiri.

Kesalahan tersebut juga biasanya terjadi karena adanya kerusakan hard disk, kerusakan prosesor, kerusakan pada RAM atau tombol power yang tidak berfungsi.

  1. Adanya Kerusakan pada Kabel Antara Monitor dan CPU

Hal utama yang bisa menyebabkan monitor no signal adalah karena terjadinya kerusakan pada kabel yang digunakan sebagai penghubung antara monitor dan CPU, yang biasanya terletak di bagian belakang PC.

  1. Port VGA dan HDMI Rusak

Penyebab selanjutnya adalah karena port HDMI atau VGA yang digunakan sebagai penghubung rusak. Kerusakan ini disebabkan karena port yang mengalami korosi sehingga sinyal tidak dapat ditansmisi dengan baik atau kabel pada port HDMI/VGA putus dan terjadi kerusakan.

  1. Kualitas Kabel yang Kurang Baik

Kualitas juga memiliki peran yang penting ketika terdapat masalah no signal. Beberapa kabel memiliki build quality yang buruk sehingga mudah sekali rusak.

  1. Port VGA dan RAM Kotor

Jika RAM ataupun VGA kamu kotor, maka bisa menjadi penyebab monitor no signal. Kenapa? karena kinerja menjadi terhambat karena VGA dan RAM juga memiliki fungsi untuk menampilkan hasil dari proses pada layar monitor.

  1. Masalah Pada Motherboard

Jika RAM dan VGA kamu tidak memiliki masalah ataupun kerusakan, maka kemungkinan sumber dari masalah adalah motherboard yang rusak. Jika motherboard bermasalah, maka tidak akan mampu untuk melakukan proses seluruh hardware yang terssambung, sehingga menyebabkan monitor menjadi no signal.

Jika kamu memiliki masalah pada layar monitor kamu, segeralah membawanya ke Pemmztechie, hubungi kami di nomor 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).