Kipas pada komputer atau laptop berguna untuk menjaga suhu pada CPU dan GPU, sehingga terhindar dari yang namanya overheat nih sahabat. Kipas yang tidak menyala, memiliki beberapa sebab kenapa kipas tersebut tidak menyala.

Tapi apakah kamu tau apasih penyebab kipas CPU error?

Kipas CPU error terjadi karena kerusakan fisik pada kipas, pengaturan yang tidak benar ataupun bisa terjadi karena faktor eksternal yang membuat komputer panas dan memaksa kipas bekerja pada kecepatan tidak biasa.

Setelah mengetahui penyebab nya, sekarang kita akan membahas mengenai cara memperbaiki kipas CPU kamu yang error:

  1. Perhatikan Suhu Penempatan

Taruh komputer di ruangan yang tidak terkena panas matahari secara langsung, kenapa? Karena hal tersebut dapat membuat komputer bisa overheated dan mati. Sehingga kamu harus memperhatikan suhu ruangan yang sejuk.

  1. Hentikan overclocking

Konsekuensi dari overclocking adalah peningkatan di sistem panas yang dapat membuat kesalahan, dan dapat menyebabkan sering shutdowns dan overheating errors.

  1. Bersihkan ventilasi udara

Cara paling gampang membersihkan ventilasi adalah melepas sikat dari penyedot debu dan gunakan untuk menyedot kotoran-kotoran yang ada.

  1. Bersihkan Kipas CPU

Kipas CPU juga perlu untuk dibersihkan supaya tidak ada debu yang menempel pada kipas dan memberikan kinerja yang berat pada kipas nih sahabat.

  1. Cek Kipas CPU

Ketika komputer sudah terbuka, periksa fisik kipas perangkat untuk memastikan kipas tidak terlepas dari tempatnya dan pastikan komputer tidak menyolok ke aliran listrik.

Jika kamu sudah melalukan cara diatas tapi tetap error, kamu bisa mengubungi Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).