Pernahkah kalian mengalami masalah mouse yang double click? Hal tersebut tentunya sangay mengganggu kegiatan kamu. Tetapi artikel kali ini akan membahas mengenai cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki masalah double click.

  1. Cek setting double click

Kesalahan umum yang terjadi karena setting double click yang tidak sengaja teraktifkan. Untuk mengecek nya kamu bisa melakukan cara dibawah ini:

  • Buka jendela file explorer
  • Pada bagian tab view, klik options
  • Dalam jendela yang muncul, buka bagian general
  • Cek bagian click items as follows
  • Cek apakah double click to open an item (single-click to select) sudah terpasang dengan baik.
  1. Bersihkan mouse yang digunakan

Selain masalah dalam windows, terdapat juga kemungkinan permasalahan yang berasal dari perangkat. Kamu perlu memperhatikan kebersihan dari mouse itu sendiri, terutama pada bagian tombol diatas.

3.  Cek kapasitas baterai mouse

Permasalahan double click biasanya kebanyakan disebabkan karena kapasitas baterai yang sudah menurun atau karena adanya gangguan sinyal wireless. Jika mouse menggunakan baterai, cobalah untuk mengganti baterai. Tetapi jika baterai tidak menjadi masalah, kemungkinan penyebab terjadi karena koneksi yang terhalang atau tidak stabil.

  1. Install ulang driver mouse

Sebagai solusi troubleshoot terakhir, cobalah untuk melakukan install ulang driver mouse yang dipakai. Tekan tombol Windows + X untuk membuka Device Manager. Buka bagian Mice and Other pointing devices dan klik kanan pada mouse yang digunakan, lalu pilih uninstall device. Setelah itu cobalah untuk restart PC dan windows akan menginstall kembali driver.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian, jika kalian memiliki masalah pada perangkat ataupun aksesoris laptop, kamu bisa menghubungi Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).