Pernahkah kamu mengalami masalah touchpad yang mati secara tiba-tiba? Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa penyebab nih sahabat. Untuk mengetahui apa penyebabnya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah yang ada dibawah ini ya.

1. Cek Menggunakan Tombol Touchpad di Keyboard

Kemungkinan kamu secara tidak sengaja mematikan fungsi touchpad melalui tombol keyboard. Touchpad dapat dimatikan dan dinyalakan melalui tombol Fn fan tombol fungsi F1 hingga F12 tergantung kepada jenis laptop yang digunakan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencari tombol yang memiliki gambar menyerupai touchpad/ dilengkapi dengan tanda X disampingnya.

2. Matikan Mouse Eksternal

Jika kamu menggunakan mouse eksternal, cobalah untuk mematikan mouse terlebih dahulu untuk mengetes touchpad. Karena dalam pengaturan laptop, touchpad akan mati secara otomatis jika laptop mendeteksi ada mouse yang tersambung.

Untuk membuka pengaturan mouse, ikuti langkah Settings > Devices > Touchpad. Dalam jendela tersebut, pastikan touchpad slider dinyalakan. Terdapat juga informasi jika Leave touchpad on when a mouse is connected sedang aktif. Kamu bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan penggunaan laptop.

3. Cek Driver dalam Device Manager

Kamu bisa membuka device manager dengan menekan tombol windows + X  atau klik kanan pada tombol start. Dalam jendela yang muncul, buka bagian Mice and other pointing devices dan pilih driver dari touchpad yang kamu gunakan. Klik kanan pada touchpad dan pilih untuk matikan Disable device, lalu nyalakan lagi dengan Enable device. Lalu selanjutnya pilih update driver untuk memastikan bahwa driver yang kamu gunakan merupakan versi terbaru untuk touchpad.

Jika kamu memiliki permasalahan pada laptop, kamu bisa langsung menghubungi Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).