Halo sahabat techie,

Tahukah kamu kira-kira berapa lama motherboard dapat bertahan? menurut kamu perlu nggak sih untuk upgrade motherboard?

Motherboard sendiri memiliki bagian yang kompleks dan rentan rusak nih sahabat, karena hal tersebut rentan, maka jika ada bagian yang bermasalah tentunya akan mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan.

Sulit untuk memperkirakan berapa lama motherboard dapat bertahan, karena hal tersebut pun bergantung kepada penggunaan dan lingkungan PC. Alasan utama motherboard dapat rusak pun karena penggunaan yang terus menurus sehingga kondisi semakin memburuk seiring penggunaan. Salah satu yang rentan rusak adalah kapasitor yang bisa saja bocor dan merusak komponen lainnya yang terhubung.

Umumnya motherboard dapat berfungsi dengan waktu 20 tahun lamanya. Agar motherboard awet, kamu harus rajin untuk merawat serta membersihkannya nih sahabat. Kamu juga perlu untuk mempertimbangkan untuk melakukan upgrade, kenapa?

Karena setiap kali kamu melakukan upgrade terhadap komponen perangkat dalam PC mu, kamu perlu mengganti motherboard yang dapat mendukung aktivitas komponen baru. Jika kamu sudah menggunakan prosesor lebih dari 3 tahun, maka dianjurkan untuk mengganti baru, karena akan membuat kecepatan kerja berubah secara signifikan.

Berikut merupakan kerusakan-kerusaka umum yang dialami oleh motherboard:

  • Pin Patah
  • Kabel yang putus
  • Munculnya listrik statis

Nah itu dia sahabat, penjelasan mengenai motherboard. Jika kamu memiliki kerusakan pada motherboard, kamu bisa menghubungi Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).