Halo sahabat techie,

Bloatware adalah kumpulan aplikasi bawaan dari PC, HP, maupun tablet yang dipasang oleh perusahaan brand dengan tujuan membantu pengguna dalam mendapatkan berbagai bentuk informasi dan bantuan lainnya. Tetapi dalam beberapa kasus, aplikasi tersebut justru tidak begitu krusial bagi pengguna dan tidak digunakan sama sekali hingga hanya menjadi beban tambahan bagi PC karena memakan bagian kapasitas laptop.

Bloatware tidak muncul di bagian System>Apps & features diberbagai aplikasi yang umumnya muncul dan dapat di uninstall dengan mudah. Hal tersebut terjadi karena Windows 10 tidak ingin pengguna dapat menghapus Bloatware dari PC dengan mudah.

Berikut beberapa cara untuk menghapus bloatware dari PC, yuk simak:

1. Uninstall secara langsung

Umumnya bloatware gampang untuk dihapus hanya dengan melakukan proses uninstall pada aplikasinya. Aplikasi yang gampang di uninstall secara langsung ada Money, News, Sports dan beberapa lainnya yang muncul pada menu Start. Kalian cukup klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Uninstall.

Beberapa aplikasi lainnya mungkin memerlukan command PowerShell atau aplikasi tambahan untuk menghapus aplikasi tersebut.

2. Cara Menggunakan PowerShell untuk menghapus Bloatware

PowerShell dan Command Prompt memiliki fungsi yang berbeda. PowerShell sendiri memiliki kumpulan command dan script yang mengontrol instalasi windows secara keseluruhan. PowerShell juga dapat digunakan untuk memberikan perintah dalam menyembunyikan atau menghapus bloatware.

PowerShell dapat dicari melalui search bar dengan mengetik Windows PowerShell. Yang kamu perlu lakukan adalah menjalankan software sebagai Administrator untuk melakukan perubahan dalam windows.

3. Menghapus Dengan Script Windows10Debloater

Windows10Debloater merupakan script yang dibuat oleh Sycnex dimana script ini berfungsi untuk menghapus hampir seluruh aplikasi tambahan yang diberikan oleh Windows 10. Kamu dapat mendownload melalui Github.

Nah itu dia sahabat techie beberapa cara untuk menghapus bloatware kamu nih. Jika kamu memiliki permasalahan pada laptop, yuk segera hubungi Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).