Halo sahabat techie,

Pernahkah kamu mengalami data yang tiba-tiba hilang dari HDD Eksternal? Umumnya data tersebut dapat dikembalikan, dan kemungkinan hal tersebut terjadi karena terdapat malfungsi didalam drivenya atau error.

Berikut artikel kali ini akan menjelaskan cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan data kamu yang hilang nih sahabat:

1. Jalankan CHKDSK Utility

CHKDSK utility merupakan software bawaan dari Windows yang berfungsi untuk mendeteksi dan memperbaiki kerusakan yang ada didalam drive.

  • Dalam search bar, ketik cmd lalu klik kanan pada command prompt kemudian pilih run as administrator
  • Dalam jendela CMD, ketik chkdsk X: /f (X yang dimaksud merupakan huruf yang merepresentasikan HDD eksternalmu. Kamu dapat mengecek huruf yang digunakan melalui File Explorer > This PC). Lalu tekan Enter
  • Setelah scan selesai, tutup CMD dan reboot komputer untuk mengecek apakah drive berfungsi kembali dengan normal.

2. Install Ulang Driver

Kemungkinan lain yang terjadi yaitu karena driver untuk HDD eksternal tidak terinstall dengan baik

  • Tekan tombol windows + R untuk membuka aplikasi dalam jendela yang terbuka, lalu ketik msc dan tekan enter untuk membuka device manager
  • Buka daftar drive dan pilih drive untuk HDD eksternal. Jika tidak dapat ditampilkan, buka bagian portable devices.
  • Klik kanan pada drive dan pilih Uninstall Device
  • Setelah selesai, tutup aplikasi dan reboot komputer. Komputer akan menginstall kembali driver yang sudah dihapus

Nah itu dia sahabat techie, penjelasan mengenai cara-cara untuk menjalankan CHKDSK Utitlity. Jika kamu memiliki permasalahan pada laptop, kamu bisa langsung menghubungi Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).