Hi Sahabat techie,

Eksternal HDD memiliki kelebihan pada kapasitas, biaya, durabilitas dan portabilitas dalam penggunaannya. HDD eksternal pun memiliki kemungkinan untuk rusak dan kehilangan data seiring pemakaian.

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengenali kerusakan yang terjadi:

1. Kerusakan Mekanis

Untuk HDD eksternal model lama, desainnya cenderung mudah rusak. Kerusakan yang paling sering terjadi yaitu bagian spindle, read/write head, dan actuator. Umumnya kerusakan tersebut ditandai dengan adanya suara-suara yang berupa klik atau gertakan dari bagian dalam hard drive.

Tanda lain yang muncul adanya file yang corrupted, rusak, maupun menghilang dan HDD memberikan suara bip ketika digunakan dan menandakan adanya kerusakan pada head read/write.

2. Kerusakan Software

Kemungkinan yang dapat terjadi adalah kerusakan dalam firmware dimana HDD mengalami hambatan dalam berkomunikasi dengan komputer, biasanya ditandai dengan komputer yang tidak mengenali HDD.

Kemungkinan lain yang menyebabkan kerusakan adalah karena adanya file jahat berupa virus atau malware, yang dimana bisa menghilangkan seluruh data yang disimpan didalam HDD.

Kerusakan software ini dapat dicegah dengan menggunakan antivirus yang bagus dan dengan tidak mencabut HDD secara tiba-tiba saat sedang memindahkan data.

Nah itu dia sahabat cara mengenali kerusakan yang ada pada HDD. Jika kamu memiliki permasalahan pada laptop, kamu bisa menghubungi Pemmztechie di nomor ini ya 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).