Halo sahabat techie,

Tahukah kamu kalau putusnya aliran listrik ke komputer secara tiba-tiba karena mati lampu dikonfirmasikan akan membuat komputer rusak seiring berjalannya waktu? Nah, sekarang sudah tau informasinya, Pemmztechie sekaligus akan membagikan cara untuk mencegah rusaknya komputer karena mati lampu nih! Yuk disimak.

1. Menggunakan Uninterruptable Power Supply

Untuk melindungi komputer dari putusnya aliran listrik secara tiba-tiba, salah satu cara adalah memberikan listrik cadangan berupa baterai. UPS merupakan salah satu alat yang menyediakan baterai cadangan untuk komputer sehingga komputer tidak akan mati meskipun ketika sedang mati lampu.

Meskipun UPS merupakan baterai yang menyediakan listrik untuk komputer, perlu diingat bahwa hal tersebut hanya menyediakan tenaga cadangan selama beberapa menit, yang cukup untuk memberikan pengguna waktu mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

2. Gunakan Surge Protector

Meskipun Surge Protector tidak secara langsung melindungi perangkat dari putusnya listrik saat mati lampu seperti UPS, Surge Protector dapat melindungi komputer dari efek setelah mati lampu.

Surge Protector ini tidak hanya melindungi komputer dari lonjakan listrik yang naik ataupun turun secara tiba-tiba, tetapi juga melindungi tempatmu bekerja dari kebakaran karena lonjakan listrik tersebut.

Nah itu dia sahabat, cara-cara untuk mengantisipasi kerusakan komputer yang disebabkan karena mati lampu, semoga artikel ini dapat membantu kalian ya!