Halo sahabat techie,

Tahukah kamu jika putusnya listrik secara mendadak terhadap sambungan komputer dapat membahayakan kesehatan komputer?

Hal tersebut terjadi karena adanya sistem operasi dalam komputer terdiri dari berbagai proses kompleks yang harus dilewati setiap kali baru dinyalakan. Dalam proses mematikan komputer, sistem harus melewati berbagai jenis proses agar sistem dan mesin dapat mati secara keseluruhan.

Jika komputer secara tiba-tiba kehilangan sumber daya listrik, maka proses yang harus dilewati tersebut akan terpotong sehingga akan ada kemungkinan file dan threads yang menjadi corrupted, yang kemudian akan berefek terhadap rusaknya bagian dari sistem operasi.

Selain dapat menyebabkan kehilangan dan kerusakan file dalam sistem operasi komputer, mati lampu secara mendadak dapat mengurangi umur hard drive dan berbagai mesin komputer lainnya.

Hal ini karena hard drive bekerja dengan sistem read and write head yang terus berputar selama operasi dijalankan, berhenti dan berbalik kembali ke posisi awalnya karena hilangnya listrik yang masuk.

Perubahan yang mendadak ini dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan kecil yang dapat menumpuk seiring berjalannya waktu. Karena menumpuknya kerusakan tersebut dapat menyebabkan head crash dimana akan menyebabkan berbagai goresan dan gerakan lainnya yang dapat merusak hard drive.

Itu dia penjelasan mengenai komputer yang rusak karena mati lampu nih sahabat. Jika kamu memiliki permasalah pada komputer kamu bisa menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).