Halo sahabat techie,

tahukah kamu bahwa suhu laptop akan naik seiring dengan beban kerja yang dilakukan oleh laptop, jadi jika suhu laptop cukup tinggi akan membuat kinerja laptop kamu menurun nih sahabat.

Artikel kali ini akan membagikan tips untuk memaksimalkan kinerja laptop dan membalikkan suhu laptop menjadi normal, yuk disimak:

1. Matikan laptop

Hal pertama yang bisa sahabat techie lakukan adalah dengan mematikan laptop untuk sementara waktu. Saat hal ini dilakukan, semua komponen bergerak di dalam laptop akan berhenti bekerja sehingga suhunya turun.

2. Bersihkan laptop

Kamu bisa membersihkan laptop pada bagian seperti ventilasi nya, ventilasi laptop berfungsi agar udara panas yang dihasilkan bisa dikeluarkan dengan mudah menggunakan bantuan kipas laptop. Supaya sirkulasi baik, kamu perlu membersihkan ventilasi laptop dari berbagai kotoran dan debu yang menyumbat.

3. Gunakan cooling pad

Kamu juga bisa menggunakan cooling pad pada bagian bawah laptop, supaya laptop kamu terbantu untuk menstabilkan suhu laptop yang panas.

4. Tambah RAM

RAM adalah memori utama dalam komputer atau laptop. Benda ini memiliki kemampuan membaca dan menulis yang lebih cepat daripada jenis penyimpanan lain, seperti HDD dan SSD. Ukuran RAM pada mayoritas komputer dihitung dalam GB. Semakin tinggi ukuran RAM yang digunakan, semakin tinggi pula kinerja komputer yang dihasilkan.

5. Tempatkan Laptop di atas Permukaan Keras dan Datar

Tempatkan laptop di atas permukaan yang keras dan datar, seperti meja belajar yang  mampu menyerap panas yang dihasilkan oleh laptop.

Nah itu dia tips untuk menjaga suhu laptop kamu sahabat, semoga artikel ini bisa membantu kamu ya sahabat.