Halo sahabat techie,

tahukah kamu bintik putih atau white spot pada LCD laptop terjadi karena adanya jamur yang menempel pada bagian lapisan belakang layar laptop kamu?

Hal tersebut terjadi karena kelembapan udara di tempat menyimpan laptop yang mendukung pertumbuhan jamur. Untuk sahabat techie yang masih bingung bagaimana membersihkan bintik putih pada LCD laptop, yuk simak tips nya:

  1. Matikan laptop. Buka bezel layar laptop dengan menggunakan obat jika baut pengait ada pada bagian bezel laptop.

  2. Lepaskan baut pengait unit LCD pada bagian kanan dan kiri atas, bagian bawah di biarkan terpasang, dan tidak perlu mencabut connector LCD.

  3. Buka selotip pembungkus dibagian atas LCD.

  4. Mengganti background layar dengan warna terang agar white spot terlihat jelas.

  5. Buka lapisan LCD satu-satu dengan kartu plastik. Biasanya terdapat 4 lapisan. Jamur yang menyebabkan white spot biasanya terletak pada lapisan ke-4.

  6. Hidupkan kembali laptop dalam keadaan LCD tetap terbuka di setiap lapisannya.

  7. Jika bercak putih sudah terlihat pada bagian lapisan LCD, ambil air secukupnya dengan cottonbud. Gosok perlahan bagian putih hingga bercak putih menghilang.

  8. Keringkan dengan tissu jika sudah bersih.

  9. Rapatkan sementara LCD, jika bercak putih sudah menghilang, rapatkan kembali LCD laptopnya. Pastikan tidak ada debu dan air yang tertinggal.

  10. Selotip kembali lapisan-lapisan LCD, pasang baut dan pasang kembali bezel seperti semula.

Itu dia cara membersihkan white spot pada layar laptop. Jika kamu memilki masalah pada laptop, kamu bisa menghubungi Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).