Halo sahabat techie,

Tahukah kamu jenis-jenis monitor itu ada apa saja? Nah untuk kamu yang belum tau, artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis monitor, yuk disimak ya:

  1. CRT (Chatode Ray Tube)

Monitor ini disebut monitor tabung, karena pada monitor ini terdapat sebuah media tabung sinar katoda. Monitor ini bekerja dengan cara memancarkan sinar elektron ke sebuah titik – titik kecil di layar. Konsep kerjanya yang hampir sama dengan televisi tabung yang berat dan besar namun memiliki harga yang murah.

  1. LCD (Liquid Crystal Display)

Monitor ini menggunakan media cairan kristal. Teknologi ini bekerja dengan cara memancarkan sinar melalui kristal cair lalu dipancarkan secara elektrik yang akan membentuk sebuah panel – panel kecil yang datar.  Monitor ini memiliki resolusi yang lebih tinggi dibandingkan monitor CRT, namun ukuran monitor ini lebih ke ramping.

  1. LED (Light Emitting Diode)

LED memiliki bentuk yang lebih slim alias ramping daripada monitor LCD. Monitor ni juga memiliki kelebihan dalam hal konsumsi daya listrik yang lebih sedikit dibandingkan monitor LCD. Harga monitor LED cukup mahal.

  1. Monitor Plasma

Pada monitor ini terdapat gas neon yang dialiri listrik yang akan menciptakan pixel. Gas neon ini berada diantara dua plat kaca.  Monitor ini memiliki kualitas gambar yang lebih baik karena proses pembuatan gambar dilakukan secara langsung tanpa diuraikan terlebih dahulu.

Itu dia sahabat, penjelasan mengenai jenis-jenis monitor, jika sahabat techie memiliki masalah kerusakan pada monitor, kamu bisa konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).