Halo sahabat techie,

Apakah kamu mengetahui ciri-ciri laptop yang IC nya rusak?

Jika kamu belum mengetahui nya secara jelas, artikel ini akan membagikan informasi mengenai ciri-ciri IC Laptop kamu terkena kerusakan nih sahabat, yuk disimak:

1.Baterai tidak terisi saat dicas

Padahal saat baterai diisi sebelumnya, indikator baterai dapat mengisi dengan baik.  Cara termudah untuk mendeteksinya adalah pinjam chager laptop milik teman yang serupa. Colokan charger lain dan lihat reaksinya pada laptop. jika baterai tetap tidak mengisi, maka permasalahannya bukan dari charger. Kemungkinan terbesar kerusakan ada di bagian baterai atau IC power.

2.Terdapat tulisan “Plugged in, Not Charging”

Jika muncul tulisan tersebut saat melakukan pengecasan, maka bisa dipastikan IC power pada laptop mengalami keruskaan.

3.Cek lampu indikator charger

Fungsi dari lampu indikator ini menunjukan bahwa proses charging sedang berlangsung. Selain berfungsi sebagai indikator charging, indikator ini juga dapat menunjukan apakah proses charging sudah selesai atau masih berlangsung. Jika IC power mengalami kerusakan, maka bisa jadi lampu indikatornya tidak menyala atau lampunya tidak berubah baik saat masih charging ataupun baterai sudah penuh.

4.Tidak terdeteksi multi tester atau Avometer

Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, dapat menggunakan alat multi tester atau avometer. Alat ini mampu mendeteksi apakah IC power pada barang-barang elektronik masih bisa bekerja atau sudah tidak dapat dhidupkan lagi.

5.Laptop mati total

IC power yang rusak parah adalah salah satu penyebab laptop mati total meskipun menggunakan adaptor sekalipun. Hal ini seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi dari IC power sendiri adalah sebagai jembatan untuk mengalirkan daya listrik pada berbagai komponen di dalam laptop.

Itu dia ciri-ciri yang bisa kamu ketahui, atau kamu temukan nih sahabat. Jika kamu memiliki kerusakan pada IC laptop, kamu bisa langsung menghubungi Pemmztechie untuk melakukan konsultasi di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).