Halo sahabat techie,

Tahukah kamu apa itu IC Power?

Salah satu komponen penting di dalam laptop yang kurang diketahui banyak orang adalah IC power. IC power adalah komponen inti yang membuat laptop dapat dihidupkan dan dimatikan dengan lancar. Jika komponen IC power rusak, sudah jelas laptop tidak dapat digunakan lagi karena sudah tidak bisa dihidupkan

Artikel kali ini tentunya akan membahas mengenai kebiasaan yang menyebabkan IC power kamu rusak nih sahabat, yuk disimak:

  1. Tidak membersihkan debu pada ventilasi pembuangan udara laptop

Kebanyakan pengguna laptop memang cenderung malas untuk membersihkan fisik laptopnya. Mayoritas pengguna laptop hanya memikirkan bagaimana caranya agar sistem operasi di laptopnya bersih dari virus saja. Ketika ventilasi pembuangan udara tertutup debu, secara otomatis suhu panas di dalam laptop tidak akan bisa dikeluarkan. Dapat menyebabkan overheat dan memnyebabkan IC Power rusak.

  1. Menyimpan laptop pada ruangan yang lembab

Salah satu alasan kenapa laptop yang disimpan di dalam ruangan yang lembab akan lebih mudah mengalami kerusakan adalah karena masalah konsleting. Ketika ada komponen laptop yang mengalami konslet, secara otomatis yang menanggung masalah tersebut adalah IC power. Jika hal tersebut tidak segera diketahui dan diatasi, maka cepat atau lambat komponen IC power akan semakin lemah dan akhirnya akan mengalami kerusakan.

  1. Menggunakan laptop diatas kasur

Jika menggunakan laptop diatas kasur dapat menyebabkan proses pembuangan udara panas di dalam laptop tidak akan maksimal. Sehingga dapat mempengaruhi kinerja dari komponen IC power.

  1. Menggunakan charger laptop yang tidak original

Karena charger yang bukan bawaan dari laptop memungkinan menghantarkan tegangan listrik yang berbeda dengan standard baterai laptop kalian.

Itu dia kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan IC power menjadi rusak nih sahabat, Jika kamu memiliki permasalahan pada laptop, kamu bisa menghubungi Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).