Halo sahabat techie,

Kalian pasti setuju jika baterai merupakan suatu hal yang paling krusial pada perangkat elektronik. Karena baterai sendiri pastinya menunjang aktivitas sehari-hari kamu nih sahabat, sehingga daya tahan baterai harus dijaga agar selalu tetap maksimal.

Apakah kamu sendiri mengetahui cara untuk menjaga dan merawat baterai laptop agar tetap awet dan tidak rusak? Jika kamu belum tau, yuk simak artikel berikut ini.

1. Cabut Charge Saat Sudah 100%

Biasanya penyebab baterai bocor adalah karena kebiasaan lupa mencabut charger baterai ketika sudah full. Karena arus listrik terus mengalir ke baterai yang dapat merusak komponen-komponen di dalam baterai.

2. Hindari Laptop Mati Total

Kebiasaan membiarkan daya baterai benar-benar habis dapat berakibat fatal nih sahabat. Hal tersebut dikarenakan laptop yang tiba-tiba mati saat melakukan pekerjaan dapat mengakibatkan komponen dalam baterai menjadi cepat rusak.

3. Gunakan Charger yang Sesuai

Jika kamu sebelumnya mengalami kerusakan pada charger, dan membeli yang baru, maka kamu harus membeli charger yang sesuai dengan brand dan tipe laptop kamu nih sahabat. Jangan menggunakan charger teman secara sembarangan, walaupun charger tersebut sesuai dengan usb type laptop kamu nih.

4. Perhatikan Temperature

Suhu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja baterai laptop kamu. Jangan biarkan laptop terkena atau berada dalam lingkungan dengan suhu yang ekstrem nih sahabat. Kondisi tersebut membuat laptop bekerja menjadi lebih keras yang pada akhirnya dapat menguras daya baterai dan kemudian membuatnya kehilangan kemampuan menyimpan daya.

5. Aktifkan Mode Power Saver

Secara default, kebanyakan laptop windows diatur dengan mode Balance. Oleh karena itu, kamu bisa mengubah pengaturan daya laptopmu melalui panel control atau klik icon baterai pada taskbar di sisi kanan bawah layar, lalu pilih mode power saver.

Nah itu dia sahabat techie, cara untuk membuat baterai laptop kamu awet dan tahan lama nih sahabat. Jika kamu memiliki permasalahan pada laptop, kamu bisa menghubungi ke nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).