Service motherboard atau mainboard laptop adalah pekerjaan teknis yang membutuhkan ketelitian tinggi selama proses pengerjaannya.

Tidak mengherankan jika biaya yang Anda keluarkan untuk membayar jasa servis cukup tinggi dibandingkan servis komponen lain.

Namun, sudahkah Anda mengetahui tanda-tanda motherboard yang bermasalah? Berikut beberapa ciri-ciri motherboard rusak yang perlu Anda ketahui:

  • Laptop gagal booting
  • Muncul BSOD (Blue Screen of Death) secara berulang
  • Komputer sering not responding
  • Laptop berhenti di logo
  • Komputer sering mati secara tiba-tiba
  • Terdengar bunyi beep-beep

Bagi pengguna casual, umumnya sulit untuk membedakan apakah ada masalah pada komponen motherboard atau tidak pada laptop kesayangan. Orang yang paham teknologi sekalipun kadang tidak bisa mendiagnosis kerusakan fatal pada mainboard.

Mereka akan mengatakan SSD/HDD bad sector, OS corrupted, BIOS perlu diupdate, kegagalan pada instalasi driver, dan lain-lain. Ya, memang cukup masuk akal jika ada yang mengatakan hal tersebut ketika laptop gagal booting.

Salah satu ciri utama kerusakan motherboard laptop adalah poin terakhir, yakni ketika laptop terus-terusan mengeluarkan bunyi beep-beep. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar ada masalah hardware yang terjadi pada unit laptop Anda.

Tempat Service Motherboard Teknisi Profesional yang Kredibel

Jangan menyepelekan persoalan kerusakan komponen motherboard pada laptop Anda. Membongkarnya secara mandiri juga bukanlah ide yang baik, apalagi hanya bermodalkan nonton video di yotube ini sangat tidak direkomendasikan.

service motherboard laptop mati total

Merupakan fakta ada beberapa kerusakan laptop yang tidak bisa googling atau service sendiri, kalaupun bisa maka persentase-nya keberhasilannya di bawah 10% kerusakan yang tadinya minor bisa menjadi fatal bahkan tak tertolong.

Solusinya satu, segeralah membawanya ke tukang service motherboard seperti Pemmztechie.id, tenaga profesional yang mampu memperbaiki berbagai kerusakan pada unit laptop termasuk kerusakan hardware pada mainboard/motherboard berbagai jenis laptop seperti: Asus, Lenovo,HP, Dell, Toshiba, Acer, dan lain-lain.

Sebelum kami menjelaskan lebih lanjut mengenai layanan jasa service ini, ada baiknya Anda mengetahui penyebab tertentu yang bisa membuat mainboard laptop rusak. Berikut beberapa poin penting penyebab kerusakan pada komponen tersebut:

  • Laptop terbentur atau jatuh dari ketinggian
  • Laptop mengalami overheat (panas berlebih) saat penggunaan berat tanpa dibarengi dengan cooling dan airflow yang baik
  • Laptop ketumpahan cairan seperti minuman atau air dalam jumlah yang banyak, sehingga terjadi korsleting
  • Menggunakan charger bukan original bawaan laptop
  • Umur motherboard yang sudah terlampau tua

Kerusakan part motherboard memang tidak bisa sepenuhnya disalahkan pada user, tetapi beberapa faktor memang disebabkan karena kelalaian pengguna terutama untuk kasus overheating dan tumpahnya cairan pada komponen laptop.

Berapa Biaya Service Motherboard?

Biaya yang perlu Anda keluarkan tergantung pada tipe dan spesifikasi dari laptop itu sendiri. Apabila tingkat kerusakannya masih dalam tahap bisa diperbaiki maka harga servis estimasi berada di angka Rp400.000- Rp500.000.

Namun, untuk kerusakan fatal yang sudah tidak bisa diperbaiki dan harus dilakukan penggantian maka Anda perlu merogok kocek lebih dalam lagi mulai dari 1 juta ke atas, tergantung mereknya.

Harap jangan kaget, harga perbaikan motherboard bisa setengah harga dari laptop itu sendiri jika unit sparepart memang langka dan sulit ditemukan. Contohnya seperti laptop performa tinggi seperti Asus ROG, Lenovo Legion,MSI, Mac Book dan sebagainya.

Layanan Perbaikan Motherboard Laptop dan PC Rakitan

Kebetulan di Pemmztechie kami menyediakan teknis service perbaikan dan penggantian unit mainboard untuk notebook dan juga komputer rakitan. Tingkat kesulitan justru terletak pada perbaikan unit motherboard laptop yang di desain portabel, bahkan untuk merek tertentu sparepartnya perlu pre order dulu.

Teknisi kami selalu mengupayakan unit sparepart yang resmi dan mempunyai jaminan garansi. Untuk motherboard PC/komputer rakitan, Pemmz teams sudah menjadi salah satu authorized service center brand Gigabyte, Aorus, Xenom, dan MSI, membuktikan bahwa teknisi Pemmz mampu memberikan pelayanan service motherboard dan perbaikan teknis lainnya secara profesional.

Apakah Service Motherboard Laptop Bisa Dilakukan Di Tempat?

Layanan service di tempat memang memudahkan, tetapi untuk pengerjaan teknis bongkar-bongkar seperti ini tidak bisa dilakukan di tempat harus di workshop pemmztechie terdekat.

Kami mempunyai tiga lokasi utama ada yang di Jakarta dan Jogja. Silahkan dicek langsung saja alamatnya di bawah:

  • Jalan Tanjung Duren Raya 17a, Blok A11 KAV16, Jakarta Barat
  • Ruko DTA Square Kav F12A, Jalan Seturan Raya – Kledokan 9A, Sleman, Yogyakarta
  • Jalan H. Nawi Raya 9M, Ruko Galeri Niaga, (Service laptop Jakarta Selatan)

Kami sarankan untuk menghubungi admin melalui nomor kontak yang tertera di website terlebih dahulu sebelum mendatangi lokasi, sekalian berkonsultasi mengenai layanan service motherboard/mainboard laptop dan PC.

Hanya di Pemmztechie yang bisa menyelesaikan berbagai masalah seputar laptop teknisi menjelaskan secara detail kerusakan dan bagian yang diperbaiki secara transparan. Cek ulasan 1 ribu lebih pengguna yang sudah mempercayakan kebutuhan service-nya kepada kami kalau masih penasaran. Selain perbaikan motherboard, kami juga menyediakan layanan service engsel laptop.