Saat sedang melakukan kegiatan editing di Adobe Premier Pro, tiba-tiba render gagal terus lalu muncul artefak-artefak bintik putih memenuhi layar, maka Anda wajib panik.

Kenapa bisa begitu? Karena, kemungkinan besar VGA laptop Anda bermasalah dan kerusakan ini bukanlah persoalan yang sepele. Kami memahami sebagian besar dari kalian mungkin ingin mengusahakan perbaikan manual dengan cara menginstall ulang OS, upgarde dan downgrade driver barangkali bug-nya ada di software.

Namun, tentu saja usaha tersebut akan sia-sia. Karena masalahnya sudah jelas terletak di bagian hardware. Tidak berhenti disitu, mungkin Anda ingin berinisiatif membongkar laptopnya sendiri barangkali ada yang bisa dilakukan.

Sayangnya VGA laptop ini tidak sama seperti VGA PC yang dengan mudah bisa dicopot dan dibersihkan bagian yang kotor. Karena kartu grafis pada laptop didesain seperti chip, ukuranya mini menyatu dengan motherboard.

Apa yang Menyebabkan VGA Laptop Rusak?

Semua masalah pasti ada penyebabnya, begitu pula dengan kasus VGA laptop yang rusak. Perlu Anda ketahui sebenarnya kondisi seperti ini cenderung cukup langka, dibandingkan masalah hardware lainnya seperti urusan layar bergaris, keyboard yang error, dan lain-lain.

Ada beberapa hal yang dianggap menjadi pemicu sekaligus awal munculnya kerusakan pada kartu grafis laptop. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Overheating

Terlalu panas alias suhu tinggi adalah masalah sejuta umat bagi para pengguna gadget, termasuk laptop. Terlebih lagi jika unit tersebut tidak dilengkapi dengan air flow atau sirkulasi udara yang baik, membuat panas cenderung terkumpul dan tidak dikeluarkan dengan sebagaimana mestinya.

Suhu normal untuk sebuah perangkat komputer berada di angka < 50° (ini kalau dia idle, alias tidak menjalankan program apapun). Beda cerita kalau sudah full load, maksimal sebenarnya bisa menyentuh angka 70°C s/d 75°C.

Dalam hal ini performa VGA sedang berada di tingkat optimalnya, menyentuh angka 80 °C atau lebih sudah bisa dikatakan overheating, harus cepat-cepat melakukan tindakan baik itu beli cooling pad yang bagus, atau mematikan langsung laptop tersebut (kalau sedang buat project jangan lupa di save).

Ya, suhu yang tinggi menjadi salah satu pemicu kerusakan VGA laptop. Bagian bola timah pada kaki chip kartu grafis ini akan pecah atau retak apabila menerima suhu yang terlalu tinggi, akibatnya komponen ini tidak bisa terhubung sempurna ke motherboard.

2. Laptop Kotor Pemilik Kurang Perhatian

Jangan menyepelekan masalah perawatan rutin laptop. Awalnya memang terkesan sepele, tapi kalau dibiarkan akhirnya bisa menjadi masalah yang besar juga. Debu yang terlalu banyak menumpuk bada laptop akan menghambat perputaran kipas, jika debu sudah memenuhi bagian motherboard dan chipset kartu grafis maka tinggal menunggu waktu kerusakanya saja.

3. Umur Laptop Sudah Tua/Produk gagal

Penyebab lainnya dari kerusakan VGA laptop adalah umur unit yang sudah terlampau lama, tetapi user terus memaksakannya untuk pekerjaan berat (misalnya, main game grafis rata kanan atau render di software unreal engine).

Di sisi lain, bisa juga Anda sedang apes unit yang dibeli ternyata produk gagal yang sering bermasalah di bagian hardware, termasuk VGA-nya.

Jadi, bagaimana sudahkah Anda mengetahui penyebab kerusakan pada VGA laptop yang tiba-tiba artefak? Jika belum, maka ada baiknya untuk di bawa ke jasa service laptop yang berpengalaman. Jangan dibongkar sendiri, itu sangat fatal.

Tempat Service VGA Laptop Terdekat Di Jakarta dan Jogja

Teknisi Pemmztechie memahami kendala yang sedang kalian alami. Kerusakan pada VGA memang tergolong masalah hardware yang risikonya sangat tinggi.

Apabila Anda mengalami masalah tersebut segera bawa laptop yang rusak ke alamat service pemmz yang saat ini tersedia di dua kota besar yakni Jakarta dan Jogja. Untuk informasi alamat sudah tertera di website, atau cek bagian kontak kami untuk mengetahui lokasi persisnya di Google Maps.

Alamat Jakarta: Jl. H. Nawi Raya No.9M, RW.2, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Alamat Jogja: Ruko DTA Square Kav.F12A, Jl. Raya Kledokan Jl. Seturan Raya No.9a, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pemmztechie menyediakan jasa service VGA laptop yang rusak, artefak, error, dan tidak berfungsi. Kami mempunyai workshop sendiri yang dilengkapi dengan alat-alat service canggih untuk memperbaiki berbagai kerusakan pada unit laptop.

Adapun solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi VGA laptop yang rusak antara lain:

1. Rehot Chip VGA, ini adalah suatu proses untuk memanaskan chip kartu grafis pada suhu menggunakan BGA Reworks station pada tingkatan suhu tertentu. Tujuannya untuk memperbaiki sambungan dari chip VGA dan mainboard.

2. Reball Chip VGA, service tingkat lanjutan adalah tahap reball yang mempunyai arti mencetak ulang bagian bola timah pada kaki chip VGA.

3. Mengganti Motherbord, melihat risiko dan persentase keberhasilan 50:50 dari kedua cara di atas. Solusi terbaiknya adalah mengganti secara penuh keseluruhan motherboard laptop Anda, proses ini tidaklah mudah terutama memikirkan ketersediaan sparepart dari unit laptop yang rusak

Harga Service VGA Laptop

Harga service VGA laptop bisa dikatakan 80% harga dari unit laptop itu sendiri. Sebagai estimasi, kalau unit laptop yang Anda punya adalah tipe laptop gaming seperti Asus ROG G752VS, siapkanlah dana mulai dari 16 juta.

Karena, komponen kartu grafis pada laptop atau notebook pada dasarnya menempel dengan motherboard, jadi kalau rusak total sudah parah tidak bisa diperbaiki maka solusinya ganti dengan yang baru.

Adapun mengenai masalah data penting Anda sebenarnya tidak hilang, selagi komponen SSD/HDD masih normal maka bisa diambil untuk dipindahkan.

Agak sulit untuk mengatakan, apakah layak atau tidak service VGA laptop yang rusak. Sebaiknya kalau ada budget lebih memang lebih bagus beli baru saja. Namun, kalau Anda tetap ingin memperbaikinya maka silahkan datang langsung ke tempat workshop Pemmztechie, karena proses service dan penggantian komponen ini harus dilakukan oleh teknisi profesional.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai service VGA laptop, kalian bisa berkonsultasi dulu dengan admin CS kami. Tanya jawab gratis jadi tidak perlu khawatir hanya service-nya saja yang bayar. Oh iya, kami juga melayani perbaikan unit lainnya seperti service engsel laptop,LCD bergaris, masalah speaker tidak bunyi, dan lain-lain. Jangan lupa untuk informasikan ke teman atau kerabat kalian mengenai tempat service laptop Pemmztechie ya.