Harddisk adalah perangkat penyimapanan data elektro mekanis yang menggunakan penyimpanan magnetik untuk menyimpan dan mengambil data digital, karakteristik utama harddisk terletak pada kapasitas dan kinerja nya.

Harddisk sering kali mengalai kerusakan karena kesalahan pemakaian atau umur yang sudah lama, kesalahan pemakaian dalam arti harddisk terguncang yang dimana harddisk sifatnya rapuh. Akibatnya data sahabat yang tersimpan bisa hilang.

Beberapa orang tidak terlalu menganggap masalah harddisk dengan serius, bahkan kerap kali mengabaikan tanda-tanda permasalahan yang muncul. Maka dari itu artikel kali ini akan membahas mengenai masalah umum pada harddisk, yuk disimak.

1. Harddisk Tidak Ditemukan

Pada saat kamu menghidupkan komputer, mungkin kamu akan mendapati tulisan pada layar “Hard Drive Not Found”. Masalah ini terjadi akibat kabel internal yang mengubungkannya telah rusak. Akibatnya sistem akan macet dan tidak menanggapi sebagian besar perintah yang biasa.

2. Proses Booting Sistem Gagal

Masalah gagal booting sistem ini sering terjadi pada hard disk internal, dikarenakan pada harddisk internal juga menyimpan firmware dan sistem operasi. Biasanya masalah ini terjadi ketika ada perubahan dalam pengaturan BIOS atau file sistem penting yang hilang.

3. Corrupted Files

Penyimpanan yang korup ini dapat membuat terjadinya “file corrupt”, sehingga sebagian besar file office, foto, video dan sebagainya tidak dapat dibuka. Jika file corrupt ini terjadi pada file sistem, maka kemungkinan besar, windows akan gagal melakukan booting.

Masalah umum pada hard disk ini sering disebabkan oleh proses shut down yang tidak benar, seperti adanya listrik padam secara tiba-tiba. Selain itu, aplikasi yang sering hang juga bisa menyababkan kerusakan pada file.

4. Hard Disk Cepat Panas

HDD yang mengalami panas berlebih menjadi salah satu masalah umum pada hard disk yang bisa menyebabkan komputer lemot. Suhu aman pada hard disk berkisar antara 30-40 derajat celcius. Ketika suhu telat melewati angka tersebut, maka dipastikan komputer kamu mengalami overheat nih sahabat.

5. Virus/Malware

Musuh bebuyutan sepanjang malam dalam dunia teknologi adalah adanya virus. Ada banyak jenis virus dan malware yang dapat menginfeksi hingga merusak file sistem yang tersimpan di hard disk. Virus ini biasanya terletak

Jika kamu memiliki masalah laptop, kamu bisa langsung menghubungi ke Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).