Halo sahabat techie,

Pernah nggak sih kamu mengalami laptop/komputer yang super duper lemot? Tapi apakah kamu tahu apa penyebab-penyebab laptop kamu menjadi lemot?

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab dan solusi supaya laptop kamu tidak lemot nih sahabat.

1. Pilih sistem operasi sesuai spesifikasi

Sistem Operasi terutama windows menuntut spesifikasi dari CPU yang akan di instal sesuai versinya. Setiap versi dari windows selalu ada peningkatan pada segi graphic dan struktur sistem yang dibawa nya, hal tersebut mengharuskan kamu untuk mengukur seberapa kuat spesifikasi CPU kamu ketika di instal OS tsb.

Solusinya adalah sebelum instal OS pada CPU sebaiknya cek dulu spesifikasi yang dibutuhkan untuk jenis OS yang akan kamu isntall.

2. Hilangkan Visual Efek

Penggunaan efek visual tanpa kamu sadari dapat membuat beban RAM semakin bertambah, ketika RAM terlalu banyak beban maka dapat mengakibatkan laptop/komputer kamu menjadi lemot nih sahabat.

3. Nonaktifkan Beberapa Aplikasi yang Muncul Saat Startup

Biasanya beberapa aplikasi ikut bermunculan, ketika laptop/komputer dinyalakan, sehingga hal tersebut membuat lemot nih sahabat, sehingga kamu harus mematikan beberapa aplikasi tersebut agar tidak berjalan di belakang layar.

4. Rutin Lakukan Disk CleanUp

Jika kamu melakukan browsing, install, ataupun uninstall software pada komputer dari kegiatan itu dapat menghasilkan cache, registry, dan cookie yang jika dibiarkan dapat membuat laptop/komputer menjadi lemot.

Sehingga sahabat harus menghapus hal tersebut jika tidak mau kapasitas harddisk penuh dan menjadikan komputer/laptop semakin lemot. Jika kamu memiliki masalah pada laptop, kamu bisa mengkonsultasikan ke Pemmztechie di nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).