Halo Sahabat Techie,

Laptop tentunya sangat menunjang kegiatan baik untuk bekerja, sekolah, bahkan hanya untuk sekedar melakukan kegiatan santai. Untuk terus menunjang kegiatan tersebut, kamu tentunya harus menjaga performa laptop nih sahabat, tetapi beberapa laptop tentunya beberapa kali mengalami masalah.

Artikel kali ini akan membahas mengenai masalah umum pada laptop nih sahabat, yuk disimak.

1.Gagal Booting

Kejadian ini biasanya dikarenakan software yang tidak sempurna dalam proses penginstalan nya, biasanya disebabkan karena adanya file yang corrupt pada master software nih sahabat.

Ciri-ciri laptop mengalami gagal booting adalah saat sebelum masuk ke welcome page windows ada semacam text atau pesan yang menginformasikan bahwa ada kesalahan pada sistem laptop kamu.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan:

  • Restart laptop dengan menekan tombol ctrl-alt-del secara bersamaan, kemudian anda wajib masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol F2 atau F10, masuk ke menu BIOS berbeda pada tiap merk laptop tapi umumnya ada di tombol F1, F2, F10, dan F12.
  • Langkah selanjutnya silahkan anda ubah posisi Boot laptop anda, dengan cara pilih menu boot option, lalu pada First Boot ubah menjadi DVD/ USB (tergantung jenis instalasi windows yang anda pilih)
  • Kemudian pilih save dan exit bios, lalu system operasi akan kembali booting dari awal.

2. Muncul kotak dialog missing file

Hal ini terjadi karena data yang korup, sehingga membuat kamu gagal untuk menjalankan sebuah aplikasi. Missing file ini cukup mengganggu dikarenakan seringnya muncul kotak dialog.

Solusinya adalah dengan mengaktifkan fitur system file checkcer pada laptop kamu. Fitur tersebut akan men scan semua file system dan setelah selesai kamu akan mengetahui file apa yang hilang dan secara otomatis fitur akan mengganti atau memperbaikinya.

3. Proses Aplikasi Berjalan Lambat

Kejadian ini disebabkan karena laptop kamu yang lemah pada memory nya nih, dikarenakan RAM kecil, kapasitas harddisk yang penuh dan aplikasi yang berat.

Solusinya adalah kamu perlu menambah RAM dengan ukuran yang lebih besar ya sahabat.

4. Harddisk Tidak Terdeteksi

Masalah ini disebabkan karena usia hard disk yang sudah perlu diganti nih sahabat. Untuk menghindari data kamu yang hilang, kamu perlu back up data secara rutin, supaya ketika harddisk kamu rusak, maka data kamu tidak akan hilang ya.

5. Freeze pada layar laptop

Masalah ini terjadi karena hardware atau software yang bermasalah. Solusinya adalah dengan menekan CTRL+ALT+Delete jika laptop masih bisa merespon maka akan muncul Windows Task Manager. Tetapi jika setelah menekan tombol tersebut tidak muncul respon apapun, maka sahabat techie perlu melakukan hard reset, dengan cara menekan lama tombol ON pada laptop.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, kamu bisa konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).