Halo sahabat techie,

Motherboard atau Mobo adalah papan sirkuit utama yang memiliki chip penggerak (BIOS) sebagai alat penghubung antar perangkat. Motherboard berfungsi sebagai alat penghubung antara perangkat keras satu dengan perangkat keras lainnya.

Motherboard berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat keras untuk kemudian dijadikan sebuah rangkaian secara paralel untuk melakukan aktivitas tertentu. Misalnya, Motherboard akan menyatukan fungsi dari hardisk, ram, power supply, vga, dll. Ternyata terdapat berbagai jenis motherboard

Artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis Motherboard nih sahabat, yuk disimak:

1.Motherboard AT Baby/AT

Motherboard ini merupakan tipe komputer pertama yang masih menggunakan format 386 serta 486. Lalu format inipun berubah menjadi tipe ATX dengan tujuan memberi sirkulasi udara yang lebih baik

2. Motherboard ATX

Motherboard ATX terbagi menjadi beberapa kategori seperti Standar ATX, micro ATX, mini-ATX, nano-ATX dan pico-ATX.

3. Motherboard BTX

Motherboard jenis ini dirancang agar kompatibel dengan produk intel serta di desain untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, akustik, serta pengendalian panas. Penggunaan mobo jenis ini menggunakan daya yang sama dengan daya yang dipakai mobo ATX.

4. Motherboard ITX

Motherboard jenis ini adalah tipe mobo yang sudah menggunakan teknologi Informasi Extended. Motherboard ini kompatibel menggunakan format VIA sehingga cocok untuk dijadikan mini PC. Mobo ini  memiliki jenis yang sama seperti mini-ITX atau nano ITX.

Nah itu dia sahabat techie, jenis-jenis motherboard. Jika kamu memiliki permasalahan pada laptop, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).