Laptop lemot waktu lagi sibuk-sibuknya pasti bikin mood berantakan ya sahabat techie! Kamu tau gak sih penyebab laptop kamu lemot, salah satunya adalah memori yang sudah mau penuh atau malah sudah penuh.

Buat kamu yang masih bingung dan panik kalau menghadapi situasi ini, kamu gak perlu khawatir lagi, tingga lakuin cara di bawah ini untuk buat laptop kamu auto ngebut lagi!

1. Menggunakan Disk Cleanup 

Windows sendiri sudah menyiapkan aplikasi bawaan untuk membersihkan memori laptop kamu, yaitu Disk Cleanup, melakukan cleaning data dengan cara ini kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Pertama Klik file explore yang berada di pojok kiri bawah. 
  2. Pilih local disk yang ingin dibersihkan secara menyeluruh. Apabila local disk C, maka kamu bisa klik kanan. 
  3. Selanjutnya Kamu bisa pilih properties yang berada di bagian paling bawah. Cari Disk Cleanup dan klik. 
  4. Terakhir Klik semua file to delete. Kemudian klik ok. Tunggu sampai proses pembersihan berakhir dan selesai.

2. Memanfaatkan Fitur Run

Fitur Run merupakan sebuah fitur yang fungsinya untuk mencari dan membuka suatu sistem yang ada pada windows,  mulai dari program, aplikasi, file, folder, dan masih banyak hal lainnya dengan cepat. Selain itu, fitur Run juga bisa kamu gunakan untuk menghapus file sampah, cukup ikuti langkahnya berikut ini: 

  1. Tekan tombol Windows + R di keyboard untuk membuka fitur Run.
  2. Kemudian ketik temp. 
  3. File explore akan terbuka dan menunjukan seluruh Folder Temp. Pilih semua folder yang muncul kemudian tekan Delete pada keyboard.
  4. Setelah selesai, bukan fitur Run kembali dengan cara yang sama Windows+ R. 
  5. Kemudian ketik %temp%. 
  6. File explorer akan terbuka. Hapus seluruh file yang tampil. 
  1. Membersihkan file sampah dengan Recycle Bin 

Membersihkan data sampah atau data yang sudah tidak digunakan menggunakan Recycle Bin merupakan cara yang termudah dan sangat sederhana, kamu cukup klik recycle bin yang biasanya akan kamu temukan di desktop, lalu Pilih file sampah yang ingin dihapus dan klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih delete. Jika kamu ingin menghapus semua file sekaligus, kamu bisa klik kanan pada ikon recycle bin, lalu pilih ‘empty recycle bin’.  

Tapi kalo udah lakuin cara di atas dan laptop masih lemot, kamu langsung bawa aja laptop kamu ke Pemmztechie ya sahabat techie!!

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).