Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia maya pada 2021, dimana popularitas budaya dari negara ginseng tersebut terus meningkat sepanjang 2021. Dilansir dari Liputan6.com, perbincangan mengenai K-Pop di platform Twitter mencapai angka 7,8 miliar cuitan selama tahun 2020–2021 di seluruh dunia dan Indonesia berada pada peringkat pertama sebagai negara dengan cuitan tentang K-Pop terbanyak.

Mulai dari k-pop, sampai dengan k-drama digandrungi banyak remaja di Indonesia, namun sayangnya dalam menikmati hiburan dari negara Korea ini di atas kasur. Padahal, kebiasaan ini memiliki dampak yang buruk untuk laptop. Jika kebiasaan main laptop di kasur sering dilakukan, lama kelamaan dapat membuat laptop rusak, Memang menonton drakor di laptop sambil rebahan di atas kasur sangat nyaman. Namun, sebenarnya ini tidak sebanding dengan risiko yang akan didapat. 

Berikut beberapa akibat jika kamu sering memainkan laptop di atas kasur:

1. Merusak Hardisk

Faktanya kebiasaan menggunakan laptop di atas kasur merupakan pemicu kerusakan pada hardisk dikarenakan kasur memiliki permukaan yang tidak rata bahkan seringkali bergelombang sehingga mempengaruhi alas laptop dan mengakibatkan kerusakan pada hardisk.

2. Merusak Mesin

Kasur yang digunakan seringkali memiliki berdebu, ketika kita meletakkan laptop di atasnya, ada kemungkinan debu akan masuk ke dalam mesin dengan mudah sehingga menjadi kotor, dampak jangka panjangnya berpotensi menyebabkan mesin laptop tidak berfungsi dengan maksimal dalam waktu lama bahkan yang paling berbahaya adalah mesin laptop kita mati.

3. Merusak sirkulasi udara pada laptop.

Ketika kita menggunakan laptop di atas kasur dapat mengakibatkan sirkulasi pada laptop menjadi kurang lancar karena ventilasi laptop tertutup. Ketika terjadi ventilasi yang tertutup maka laptop kemungkinan lebih cepat rusak dan lebih cepat panas saat digunakan

Andai terpaksa untuk melakukannya, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna meminimalisir resiko tersebut. Misalnya, bisa dengan menambahkan meja laptop di kasur. Dengan meja laptop, sirkulasi udara akan tetap lancar dan laptop juga akan stabil. Kalau tidak ada meja laptop, bisa juga dengan benda lain yang rata, seperti papan.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).