Seiring dengan perkembangan zaman, bekerja tidak hanya dari rumah atau kantor, beberapa orang bahkan bekerja dari cafe, fan laptop yang rusak dan mengeluarkan suara berisik yang mengganggu. Fan laptop yang berisik menjadi pertanda bahwa laptop yang digunakan sedang tidak baik-baik saja. Adapun sejumlah faktor penyebab fan laptop berisik, di antaranya:

  • fan yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab munculnya suara berisik karena putaran yang dilakukan harus lebih besar yang menghasilkan suara bising.
  • fan bekerja ekstra karena laptop sedang mengakses sistem yang besar. Hal ini biasanya terjadi ketika pengguna sedang melakukan aktivitas berat seperti bermain game, rendering grafik, maupun mengakses program berat lainnya. 
  • fan yang mengalami kerusakan karena sudah berumur yang terlalu lama digunakan sehingga membuatnya menghasilkan suara berisik. 

Gak perlu khawatir Sahabat techie, hal ini bisa kamu lakuin!

1. Periksa Suhu Laptop

Untuk mencari tahu informasi akurat mengenai suhu laptop kamu bisa gunakan aplikasi pengukur suhu, aplikasi ini dapat melacak suhu prosesor tanpa perlu membongkar laptop. Selain itu, kamu bisa mengecek hardware dan kinerja sistem laptop dengan membuka Task Manager.

2. Defrag

Suara berisik yang timbul dari fan laptop bisa jadi disebabkan oleh beban kerja prosesor yang terlalu berat. Untuk menurunkan kecepatan kerja fan laptop kamu bisa mendefrag laptop.Mendefrag sistem laptop secara rutin sebulan sekali atau lebih bisa memelihara performa laptop sehingga bisa bekerja dengan optimal. 

3. Menghentikan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Yang membuat performa perangkat laptop lambat salah satu sebabnya adalah banyaknya aplikasi yang berjalan. Ini pula berpengaruh pada fan laptop sehingga membuat fan bekerja lebih berat dan berputar lebih cepat, sehingga untuk menghindari hal ini sebaiknya hentikan aplikasi yang sedang tidak dipakai.

Dan kalau sudah melakukan hal di atas suara yang muncul masih mengganggu, jangan jangan coba-coba untuk bongkar sendiri laptop kamu ya sahabat techie, karena justru dapat menimbulkan kerusakan lainnya, lebih baik langsung bawa aja ke Pemmztechie untuk kembalikan laptop kamu ke kondisi seperti baru.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).