Service kipas laptop dan ganti thermal paste adalah hal yang penting untuk dilakukan. Tapi tunggu dulu kenapa alasannya? Kalian pasti pernah sekali atau dua kali laptop terasa panas saat digunakan.

Biasanya hal ini juga ditandai dengan munculnya blue screen , kode-nya sendiri bervariasi biasanya tercantum “CRITICAL PROCESS DIED” atau stop code lainnya sesuai dengan laptop/PC masing-masing pengguna.

Masalah ini tidak boleh diabaikan oleh pengguna. Jadi, ada baiknya untuk mengetahui dulu penyebab kenapa laptop bisa mengalami blue screen berulang karena overheating.

Secara umum penyebab BSOD overheating antara lain sebagai berikut:

  • Fan/kipas laptop kotor dipenuhi tumpukan debu (Mungkin sudah 1 abad tidak dibersihkan*)
  • Thermal paste/pasta laptop kering
  • Kipas laptop tidak berfungsi ada kerusakan
  • Menjalankan aplikasi berat secara bersamaan
  • Ada virus yang memaksa prosesor bekerja maksimal
  • Dan lain-lain

Masalah yang cukup menarik untuk disorot adalah kondisi kipas dan thermal paste. Kira-kira kapan terakhir kali kalian mengecek kedua bagian tersebut pada laptop yang saat ini sedang dipakai?

bsod error overheating

Kami yakin 80% pembaca jarang mengecek kondisi kipas dan thermal paste kecuali kalian memang suka bongkar-bongkar laptop sendiri.

Padahal kalau dibuat perumpamaan service laptop berkala itu sama pentingnya dengan service kendaraan. Jadi, kalau tidak dilakukan pasti ada masalah tersendiri yang akan kalian alami secara tiba-tiba.

Service Kipas/Fan Laptop di Pemmztechie Langsung Normal Lagi

Untuk mengatasi kipas laptop yang rusak atau tidak berfungsi, maka bisa menggunakan jasa service kipas laptop di Pemmz. Pusatnya service berbagai kerusakan laptop termasuk masalah kipas yang tidak berfungsi, banyak debu, dan lain-lain.

Layanan ini termasuk service hardware atau perangkat keras , sehingga apabila komponen tidak dapat diperbaiki karena rusaknya parah maka perlu diganti dengan part baru.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Suhu Laptop!

Namun part kipasnya juga harus sesuai dengan tipe laptop. Untungnya di Pemmz kami siap mencarikan part original yang sesuai dengan tipe laptop yang Anda.

Khusus untuk service fan/kipas yang kotor kami akan lakukan pembersihan secara menyeluruh termasuk keyboard, body laptop, dan lain-lain. Laptop bersih siap pakai, kasus overheat tidak akan terjadi lagi.

Pentingnya Komponen Kipas Laptop

Kipas laptop berfungsi sebagai cooler internal yang berfungsi untuk mendinginkan komponen di dalam laptop. Jika kipas ini tidak berfungsi, maka suhu panas akan tidak bersirkulasi dengan baik akhirnya panas berlebih.

Dalam beberapa kasus, overheating ini bisa mengakibatkan komponen laptop rusak. Sangat fatal nanti kerusakannya merembet kemana-mana. Sekenario terburuk kalian perlu mengeluarkan budget lebih mahal untuk perbaikan total.

service fan laptop kotor berdebu

Estimasi Harga Service Kipas Laptop

Untuk estimasi harga membersihan kipas dan komponen laptop estimasinya mulai dari Rp125.000 – Rp280.000. Namun untuk penggantian komponen kipas baru estimasinya sekitar Rp350.000 – Rp400.000 sudah termasuk jasa pasang dan pengecekan.

Perlu diingat bahwa estimasi biaya service ini menyesuaikan dengan tipe laptopnya. Laptop gaming/desain biasanya lebih mahal karena komponennya lebih langka dan spesifikasinya juga berbeda.

Pengecekan dan Ganti Thermal Paste 1 Hari Beres

Selain kipas yang bermasalah, overheating juga bisa terjadi ketika pasta laptop kering. Karena untuk pengecekannya harus dibongkar dulu, banyak pemilik laptop yang baru menyadari hal ini ketika laptop sudah mulai error dan terasa sangat panas hingga suhunya menyentuh angka 60 derajat ke atas.

Pasta laptop ini idealnya diganti 1 tahun sekali paling lama itu 2-3 tahun tergantung penggunaan. Daripada komponen laptop rusak karena tidak tahu caranya, lebih baik gunakan jasa ganti thermal paste dari teknisi Pemmztechie.

Kami siap mengganti thermal paste laptop Anda dengan segera. Pilih layanan Express supaya bisa mendapatkan prioritas service sehari jadi bisa langsung diambil.

Tersedia berbagai pilihan pasta laptop mulai dari yang termurah sampai performa tinggi seperti Arctic Cooling MX4, Noctua NTH-1, Grizzly Kryonaut. Lihat sendiri perbandingkan antara suhu full load dan idle dari penggunaan thermal paste yang berbeda.

jasa ganti thermal pasta

Apa yang Terjadi Jika Tidak Ganti Pasta Laptop?

Sama seperti masalah pada kipas yang rusak, jika kalian tidak segera mengganti pasta laptop maka penghantaran panas pada prosesor menjadi tidak merata. Dengan begitu, suhu panas akan menumpuk di satu titik. Efeknya langsung terasa, laptop sering restart-restart bahkan bisa mati total.

Biaya Ganti Pasta Laptop dan Pengecekan

Biaya ganti pasta laptop di Pemmztechie dengan layanan terima beres mulai dari Rp280.000. Sudah termasuk pasta laptop yang berkualitas dan pengecekannya langsung.

Kunjungi langsung lokasi Pemmz point terdekat di Jakarta dan Jogja atau hubungi teknisi service laptop melalui nomor 085280280100 untuk berkonsultasi dulu dengan admin profesional. Dapatkan layanan service kipas sekaligus ganti thermal paste untuk mencegah laptop kepanasan!