Masalah Hard disk tidak terbaca di BIOS (Basic Input Output System) biasa terjadi pada laptop, tentunya masalah ini akan sangat mengganggu, salah satunya dapat mengakibatkan proses booting tidak normal. Dimana hardisk adalah salah satu komponen yang memiliki fungsi penting pada laptop dalam hal penyimpan data atau file. Sedangkan, BIOS adalah software yang berfungsi mengatur perangkat dasar dari hardware, yang dapat menunjukan jika harddisk terbaca atau tidak terbaca. 

Lalu jika harddisk tidak terbaca, apa yang harus dilakukan? Yuk sahabat techie simak cara di bawah ini;

1. Memeriksa kabel IDE 

Solusi pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa kabel Integrated Drive Electronics (IDE) yang merupakan penghubung antara CPU dengan harddisk internal, hal ini berguna untuk memastikan harddisk terpasang dengan benar.

2. Mengecek status hard drive di BIOS 

Mengecek status hard drive di BIOS juga bisa kamu lakukan ketika hard disk kamu tidak terdeteksi di BIOS, Caranya kamu hanya perlu merestart laptop terlebih dahulu, selanjutnya masuk ke pengaturan sistem (BIOS) dengan menekan F2 pada keyboard, periksa dan aktifkan deteksi hard drive dalam konfigurasi sistem, terakhir kamu bisa aktifkan deteksi otomatis dan periksa apakah hard drive dapat dideteksi di BIOS atau belum.

3. Membersihkan pin harddisk 

Selain dua cara di atas, sahabat techie dapat membersihkan pin di dalamnya untuk mengatasi hard disk tak terbaca di BIOS dengan langkah-langkah sebagai berikut; yang pertama sahabat techie bisa melepaskan baut pada hard disk menggunakan obeng, lalu bersihkan pin harddisk bagian depan dan belakang secara perlahan, sebelum dipasang kembali, pastikan pin hard disk dalam kondisi bersih, terakhir, pasang kembali hard disk sesuai posisi semula dan cek apakah BIOS sudah dapat mendeteksinya atau belum. 

4. Mengganti harddisk dengan yang baru 

Jika sudah melakukan ketiga hal diatas namun hard disk masih belum terbaca, kamu bisa mengganti harddisk kamu dengan yang baru di Pemmztechie, tinggal bawa laptop kamu ke sahabat techie dan serahkan ke ahlinya, kamu bisa terima beres di hari yang sama!

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).