Harga service touchpad laptop sebenarnya berkisar antara 125 ribu – 200 ribu bisa lebih menyesuaikan dengan tipe dan jenis laptop itu sendiri. Sepertinya relatif terjangkau, daripada harus nekat bongkar sendiri nanti error malah kabel-kabel dan fleksibel ikutan rusak.

Seperti yang kalian ketahui letak touchpad ini biasanya ada di bagian bawah keyboard, fungsinya sebagai penggerak cursor dan melakukan operasi klik kanan dan kiri.

Baca juga: Terima Service Keyboard Laptop Tidak Bisa Ngetik

Beberapa dari kita ada yang sudah terbiasa menggunakan touchpad, sehingga rasanya agak kurang nyaman kalau pakai mouse. Ya, meskipun tidak semua orang tapi nyatanya kalau sudah berdampak pada produktivitas maka sebaiknya segera diperbaiki masalah teknisnya.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan kerusakan pada touchpad antara lain:

  • Ada bagian yang short, biasanya karena ketumpahan air
  • Terlalu kasar saat menggunakan touchpad
  • Laptop terjatuh bisa membuat touchpad tidak berfungsi atau mengeklik sendiri
  • Masalah pada driver program, kena virus, dan lain-lain

Namun melihat trend service laptop saat ini, banyak orang yang percaya bahwa semua kerusakan laptop ada solusinya di youtube termasuk mengganti touchpad.

Tinggal ikuti tutorialnya langsung beres bisa berhemat, mungkin hal tersebut berlaku untuk masalah software alias perangkat lunaknya.

Dalam beberapa kondisi, melakukan windows update atau sekadar merestart laptop saja bisa membuat touchpad berfungsi lagi. Namun bagaimana dengan masalah hardware?

Tentunya hal ini butuh keahilan khusus, kami akan jelaskan lebih lanjut kenapa harga service touchpad sebenarnya cukup masuk akal dibandingkan harus menanggung risiko yang fatal.

Harga Service Touchpad Kok Mahal? Ini Alasannya

Baik, berikut ini beberapa alasan kenapa biaya service touchpad bisa menyentuh angka 200 ribuan.

service touchpad laptop

Proses Service Touchpad Tidak Sesimpel yang Dikira

Untuk memperbaiki touchpad atau menggantinya dengan yang baru, maka Anda perlu membongkar laptop terlebih dahulu. Harus dilakukan dengan hati-hati, kalau tidak maka bisa saja ada kabel konektor yang kendor atau bahkan terputus karena ditarik terlalu kasar.

Selain itu, Anda perlu menyiapkan multimeter untuk mengecek apakah ada komponen di touchpad yang short atau tidak. Ada ilmu elektronika yang diperlukan untuk melakukan hal semacam ini, tidak bisa asal test saja

Membutuhkan Waktu yang Lama

Rata-rata teknisi bisa memperbaiki touchpad dalam 1-3 hari, apabila memperbaikinya sendiri mungkin butuh waktu lebih lama dari itu dan belum tentu selesai juga.

Kenapa bisa begitu? Karena modul touchpad ini cukup ribet, ada banyak kabel dan konektor yang mesti dicopot dengan hati-hati dan teliti. Kalau sampai kabelnya sobek atau putus maka bisa menimbulkan masalah baru.

Sparepartnya Cukup Langka

Tidak seperti keyboard yang selalu ready, touchpad laptop ini stok sparepartnya cukup sulit. Khususnya untuk laptop premium seperti Asus ROG, Lenovo Legion, MSI, HP Omen, Acer Predator itu harga touchpadnya bisa 2x lipat dari part biasa.

Lain cerita dengan sparepart tocuhpad Asus standar seperti X409, itu banyak partinya di online harus teliti juga untuk cek original partnya.

Jadi sepertinya sudah cukup jelas kenapa harga service touchpad bisa sampai segitu. Sepertinya ada harga ada kualitas, jangan ambil risiko besar dengan mencari biaya service touchpad murahan karena ilmu teknisi itu mahal dengan tanggung jawab yang besar.

Tempat Service Touchpad Laptop dan Notebook Terpercaya

Jika Anda mengalami masalah dengan touchpad yang tidak bisa digerakan, bergerak sendiri, atau error maka bisa percayakan saja bersama teknisi Pemmztechie.

service touchpad laptop bergaransi

Kami menyediakan solusi service hardware laptop tercepat dan kompeten di bidangnya. Setiap perbaikan hardware selalu menggunakan sparepart yang original sesuai dengan manufaktur produksi laptop tersebut.

Tidak hanya itu, kami juga mempunyai workshop sendiri yang dilengkapi dengan alat service komplit. Pemmztechie hadir di beberapa titik lokasi di Jakarta dan Jogja.

Anda bisa mengetahui informasi alamat lengkap dengan menghubungi kami atau bisa cek informasi alamat berikut:

  • Jalan. Tanjung Duren Raya 17a, Blok A11 KAV16, Jakarta Barat (Pemmz Jakbar)
  • Ruko DTA Square Kav F12A, Jl Seturan Raya – Kledokan 9A, Sleman, Yogyakarta (Pemmz Jogja)
  • H. Nawi Raya 9M, Ruko Galeri Niaga, Jakarta Selatan (Pemmz Jaksel)

Seperti yang sudah kami paparkan di atas, bahwa risiko bongkar laptop sendiri untuk memperbaiki touchpad sangatlah serius. Daripada nanti kerusakan merembet ke bagian lain tentu lebih aman pakai bantuan jasa service profesional saja bukan?

Lagipula harga servis touchpad laptop sama sekali tidak mahal kok, untuk mengetahui lebih lanjut bisa langsung menghubungi admin kami supaya lebih jelas. Konsultasi bisa dilakukan gratis, jangan ragu untuk bertanya seputar layanan service laptop dari Pemmztechie.

Mari dapatkan harga service touchpad laptop yang terjangkau dan aman di Pemmztechie, ada garansi service yang lebih terjamin aman.