Laptop menjadi salah satu perangkat elektronik yang bisa kita temukan hampir pada setiap kegiatan sehari-hari, belajar, bekerja, bahkan bermain game, teknologi yang terus berkembang menjadikan laptop terus mengalami pembaharuan menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan penggunanya. 

Akan tetapi, karena kemudahannya banyak orang yang menyepelekan perawatan dari laptop tersebut. Sehingga laptop biasanya cenderung lebih cepat rusak, salah satunya pada komponen LCD, memiliki fungsi sangat penting, sebagai penerjemah visual dari sistem komputer yang ada di dalam laptop, rusaknya LCD tentunya sangat mengganggu penggunanya, ini 5 ciri-ciri LCD rusak yang perlu kamu waspadai!  

1. LCD Laptop Bergaris 

Saat dinyalakan LCD pada laptop akan menampilkan garis baik itu secara vertikal ataupun horizontal. Garis ini akan menjadi kerusakan yang permanen atau artinya jika sudah sekali saja terjangkit dengan adanya LCD yang bergaris maka aka nada secara terus menerus dan tidak bisa dihilangkan. Garis ini juga bisa saja berubah, saat pertama mungkin hanya akan muncul satu garis tipis baik itu vertikal ataupun horizontal namun jika dibiarkan secara terus menerus akan semakin bertambah dan bertambah lagi hingga menjadi banyak dan bahkan menjadi penuh dan membuat LCD tidak terlihat lagi.

2. Terdapat Goomy 

Goomy merupakan bercak putih pada layar yang lebih terang dan merusak visual yang sedang ditampilkan di layar LCD, penyebabnya bisa dari jamur atau layar yang terbentur, walaupun kecil dan sering kali dianggap sepele, namun hal ini bisa sangat mengganggu karena dapat terlihat dengan jelas.

3. Muncul black spot

Berbeda dengan goomy yang merupakan bercak berwarna putih, black spot adalah bagian dari lcd yang mengalami kerusakan sehingga terdapat bagian yang tidak berfungsi sama sekali. Hal ini bisa diakibatkan kotoran yang ada pada LCD kamu atau ada keretakan pada bagian dalam LCD.

4. Perubahan warna tampilan

Perubahan warna pada LCD juga menjadi salah satu ciri laptop kamu mengalami kerusakan, biasanya perubahan warna yang terjadi adalah LCD menjadi berwarna keungu-unguan atau menunjukan warna lain yang signifikan.

5. Layar Bergetar

Kasus yang satu ini biasanya banyak terjadi pada laptop yang terlalu banyak melakukan gerakan buka tutup pada laptop. Flicker disini adalah kondisi dimana LCD menampilkan garis yang sangat banyak ataupun kondisi dimana LCD akan menampilkan tampilan yang abstrak dan diikuti dengan tampilan yang bergetar.

Jadi pastikan rawat laptop kamu dengan baik ya sahabat techie kalau gak mau mengalami hal-hal di atas, namun jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).