Ketika melakukan kegiatan yang berhubungan dengan media, seperti video game, atau video conference, microphone menjadi hal yang penting untuk disiapkan, namun sahabat techie pernah gak sih mengalami microphone laptop yang tiba-tiba tidak berfungsi?

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan microphone tidak berfungsi, seperti adanya kegagalan saat update windows, penggunaan dan pengoperasian yang terlalu sering, atau microphone yang memang sudah berumur lama, namun sahabat techie tidak perlu khawatir, karena masalah tersebut dapat diatasi dengan cara berikut;

1. Memeriksa Pengaturan Microphone

Hal pertama yang bisa sahabat lakukan untuk mengatasi permasalah microphone adalah dengan memeriksa pengaturan microphone yang sedang dipakai. Bisa jadi microphone laptop sahabat tidak berfungsi disebabkan oleh pengaturan yang keliru, hal ini bisa kamu lihat dengan cara berikut, kamu perlu membuka Control Panel dan masuk ke bagian Sound untuk membuka beberapa pengaturan microphone yang ada.

2. Memeriksa Pengaturan Microphone pada Aplikasi

Tidak selalu mengenai pengaturan microphone yang ada pada laptop, dalam beberapa kasus, aplikasi yang ada memerlukan perizinan microphone yang perlu sahabat techie diperhatikan. Sering terjadi permasalahan microphone yang tidak berfungsi dengan baik dikarenakan masalah perizinan. Sehingga pastikan kamu sudah memberikan izin pada aplikasi untuk megakses microphone ya sahabat techie.

3. Menggunakan Troubleshooter 

Troubleshooter merupakan sesuatu yang dapat membantu kamu untuk menemukan bahkan mengatasi permasalahan pada laptop kamu, termausk permasalahan microphone yang tidak berfungsi. Untuk menggunakan troubleshoot pada laptop, pertama klik Start, lalu pilih Control Panel, kemudian klik troubleshooting, pilih hardware and Sound, lalu klik Recording dan terakhir tinggal menunggu hingga prosesnya selesai.

4. Memeriksa Kerusakan pada Fisik Microphone

Tidak melulu soal masalah software, microphone laptop juuga memiliki kemungkinan bermasalah karena sistem hardwarenya yang sudah rusak, jika permasalahannya terjadi karena hal ini, kamu perlu mengganti microphone dengan yang baru.

Itulah cara-cara yang bisa sahabat techie lakukan sendiri di rumah saat microphone laptopnya mengalami masalah, namun jika sudah mencoba berbagai cara dan belum berhasil, kamu dapat langsung mengonsultasikannya ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).