Sahabat techie pasti pernah mengalami permasalahan pada laptop. Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah pada touchpad laptop tidak berfungsi seperti seharusnya. Saat hal ini sahabat techie gak perlu bingung dan panik, karena 3 cara ini mungkin bisa bikin touchpad kamu yang rusak kembali normal.

1. Update Driver Touchpad 

Kalau memang touchpad kamu tidak berfungsi karena driver yang belum update, mengupdate driver touchpad bisa menjadi solusi. Untuk mengupdate driver touchpad, yang perlu kamu lakukan adalah Masuk ke menu start “Device Manager“, cari Your PC dan double klik pada menu Mic and other pointing devices, kemudian kamu bisa klik kanan dan pilih Update Driver Software. Pilih Search automatically for update driver sofware dan klik selanjutnya, selanjutnya silahkan tunggu sampai driver touchpad selesai di update.

2. Bersihkan Permukaan Touchpad 

Salah satu penyebab kursor macet, ataupun hingga tidak bisa digerakkan sama sekali bisa jadi karena permukaannya yang kotor dan berdebu. Untuk membersihkan permukaan touchpad Anda dapat memakai kuas berbulu pipih untuk membersihkan bagian touchpad dan pinggiran keyboard, atau menggunakan tisu. Alternatif lain yaitu bisa dibersihkan memakai kain microfiber supaya panel kursor kembali bersih dan dapat digunakan.

3. Kesalahan di Pengaturan BIOS

Walaupun kemungkinannya cukup kecil untuk touchpad kamu terdisabled dari BIOS. tetapi cara ini bisa kamu coba jika beberapa cara diatas belum berhasil mengatasi masalah pada touchpad kamu sahabat.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama kamu bisa  merestart laptopmu, kemudian masuk ke BIOS.
  • cari menu Settings, pergi ke menu advanced dan pilih Internal Pointing Device. lalu Enabled.
  • Selanjutnya kamu dapat menekan Esc, lalu kembali Restart laptop kamu lagi, tetapi biasanya terdapat perbedaan menu pada setiap laptop, kalian perlu mencari menu yang bertuliskan Internal Pointing Device untuk mengubah pengaturan touchpad dari sebuah laptop.

Nah! Itu dia tiga tips untuk mengatasi touchpad laptop yang error cukup di rumah saja, namun jika hal-hal di atas sudah kamu coba dan belum berhasil, sahabat techie bisa langsung datang ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat)