Kinerja laptop yang lambat dan mulai lemot akan cukup mengganggu penggunaan laptop, apalagi untuk keperluan yang penting. Saat laptop kamu mulai lemot, tidak perlu terburu-buru untuk menggantinya dengan laptop baru, kamu bisa lakukan cara-cara di bawah ini yang mungkin bisa mengatasi laptop kamu yang lemot

1. Durasi Penggunaan Laptop

Penyebab pertama laptop yang overheat ada pada durasi penggunaan laptop itu sendiri, laptop yang digunakan terus menerus pastinya akan lebih cepat panas karena bekerja tanpa henti, apalagi penggunaan pada laptop dilakukan untuk bermain game atau rendering video juga akan bekerja secara ekstra dan suhu panas yang dapat meningkat. Sehingga kamu perlu memperhatikan penggunaan laptop kamu dan istirahatkan laptop jika sedang tidak dibutuhkan.

2. Salah Menaruh Laptop

Meletakkan laptop sembarangan juga bisa menjadi akibat laptop kamu overheat. Menempatkan laptop juga dapat menghambat ventilasi laptop, apalagi jika diletakkan di atas bahan atau kain tertentu yang dapat meningkatkan suhu pada laptop. Hindari meletakkan laptop terutama di atas kasur atau kursi, gunakan bantalan pendingin untuk menghentikan panas berlebih.

3. Thermal paste yang kering

Thermal paste adalah senyawa kmia yang biasanya digunakan sebagai paste antara heatsink dan prosesor atau juga bisa menjadi sumber panas lainnya, seperti perangkat semikonduktor daya tinggi.

Thermal paste juga berfungsi sebagai penghilang ruang udara untuk memaksimalkan perpindahan atau pembuangan panas. Penggunaan laptop yang berusia lama, tentu dapat membuat thermal paste akan mengerung dengan seiring berjalannya waktu sehingga proses perpindahan panas yang akan terhambat.

4. Pemakaian yang terlalu memaksa

Laptop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda untuk tujuan penggunaan yang berbeda. Untuk itu bijaklah dalam menggunakan laptop sesuai spesifikasi, karena ketika kita menjalankan software aplikasi yang berat diluar kemampuannya, Hardware akan bekerja keras dan akan menghasilkan suhu yang berlebih.

Jadi gak cuma thermal paste penyebab laptop kamu overheat, tetapi juga dari hal-hal lain yang mungkin terlihat remeh, pastikan maintenance laptop kamu dengan baik ya.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).