Laptop dan komputer kini sudah menjadi salah satu barang yang tak terpisahkan dari kehidupan di era digital. Oleh karena itu, jika laptop maupun komputer mengalami kerusakan, tentu aktivitas sehari-hari akan sangat terganggu. Salah satu kerusakan yang paling umum dialami para pengguna windows adalah Blue Screen. Kesalahan program yang menjadi penyebab blue screen pada laptop biasanya adalah ketika terdapat sesuatu yang tidak diizinkan atau sistem mencoba memanggil atau memproses sesuatu yang tidak ada. 

1. Restart komputer/laptop 

Melakukan restart komputer atau laptop merupakan cara paling sederhana mengatasi blue screen. Perangkat bisa digunakan kembali secara normal jika error atau kerusakannya tidak terlalu parah. 

2. Pindai virus 

virus seperti malware juga bisa menyebabkan blue screen. Untuk mengatasinya kamu dapat memindai virus menggunakan aplikasi antivirus yang ada di PC atau laptop milikmu. 

3. Install update driver 

Jika blue screen disebabkan oleh driver yang tidak kompatibel, maka cara mengatasinya yaitu instal ulang atau update driver. Dengan begitu, perangkat akan kembali normal dan beroperasi seperti sebelumnya. 

4. Repair system operation Windows 

Cara lain mengatasi blue screen yaitu repair system operation. Metode ini dilakukan jika blue screen disebabkan oleh file sistem rusak atau corrupt. Untuk melakukan reparasi, kamu memerlukan DVD operasi sistem Windows. 

5. Periksa hardware 

Jika metode-metode sebelumnya telah dilakukan tetapi masih mengalami blue screen, maka periksa kondisi perangkat keras. Sebaiknya periksa seluruh perangkat keras terutama bagian harddisk dan random access memory (RAM). 

6. Install ulang Windows 

Melakukan instal ulang Windows adalah langkah terakhir yang dapat kamu lakukan bila semua metode di atas tidak bekerja. Cara ini akan menghapus semua sistem perangkat lunak dan menggantinya dengan yang baru.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).