Salah satu komponen penting pada perangkat komputer/laptop kamu adalah keyboard yang memiliki fungsi untuk menginput data atau perintah kepada sistem. Namun tidak jarang terdapat masalah pada komponen ini, salah satunya adalah keyboard mengetik sendiri secara acak atau mengetik salah satu tombol terus menerus hingga menimbulkan ganda. Ketika hal itu terjadi, sahabat techie mungkin panik dan kesal karena pastinya mengganggu pekerjaan  sahabat.. 

Penyebab keyboard laptop mengetik sendiri adalah karena papan tik yang semula macet kemudian berjalan sesuai perintah yang kamu lakukan sebelumnya. Pemicu lainnya adalah adanya kerusakan pada sistem operasi dan perangkat keras. Namun, sebelum dibawa ke tempat servis, beberapa cara di bawah ini bisa sahabat lakukan sendiri 

1. Gunakan Fitur Troubleshoot 

Fitur troubleshoot digunakan untuk mendeteksi masalah yang terjadi pada komputer dan mencari solusinya. Jika kerusakan keyboard dikarenakan kerusakan pada softwarenya hal ini bisa diatasi oleh troubleshoot. 

2. Membersihkan Keyboard

keyboard yang jarang dibersihkan akan membuat kotoran menumpuk di bawah tombol keyboard. Debu tersebut akan memenuhi bagian bawah keyboard sehingga keyboard seakan ditekan. Membersihkan keyboard menjadi salah satu cara yang sahabat bisa coba di rumah.

3. Cek di Command Prompt 

Cara lain yang bisa kamu lakukan sendiri adalah dengan menggunakan Command Prompt dan memasukkan perintah System File Checker untuk memperbaiki kerusakan pada keyboard yang berjalan sendiri. dengan langkah-langkah sebagai berikut, pertama sahabat perlu membuka Command Prompt dengan mengeklik ‘Windows + R’ dan ketik cmd, lalu enter,, kemudian pada jendela Command Prompt, ketik sfc /scannow dan enter’, lalu tunggu hingga prosesnya selesai dan terakhir restart laptop sahabat techie. 

Itu dia tiga  cara yang bisa sahabat techie lakukan di rumah, namun perlu diperhatikan ya sahabat ketika melakukan pembersihan perangkat diperlukan ketelitian, karena kalau tidak justru dapat memperparah kondisi laptop/pc sahabat.

Jika cara diatas belum bisa mengatasi permasalahan keyboard kamu, langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).