Buat para gamers sejati, bermain sebuah game merupakan salah satu kebutuhan, tidak hanya sebagai hiburan game sekarang menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan. Tentunya untuk membuat game yang dimainkan terasa nyaman terdapat beberapa hal yang berpengaruh, salah satunya adalah fps yang tinggi untuk membuat game yang sedang dimainkan semakin smooth.

Apasih emang yang dimaksut dengan FPS?

Frame per second (FPS) adalah banyaknya frame per detik yang dihasilkan dalam bentuk grafis. Contohnya, jika frame rate sebesar 30 FPS maka, jumlah frame yang ditampilkan selama satu detik sebanyak 30 frame. Nah, semakin tinggi fps suatu grafis, maka semakin halus pula pergerakan yang ditampilkan dari grafis tersebut, sehingga gaming menjadi lebih lancar dan halus. Nah buat sahabat techie yang suka main game tapi pc/laptopnya memiliki FPS rendah, cara di bawah ini busa kamu coba untuk ningkatin FPS!

1. Menutup Software yang Tidak dipakai

Membuka banyak software dapat membuat kinerja laptop kamu melambat. Sehingga, laptopmu menjadi mudah lag dan mengganggu kenyamanan saat bermain game. Untuk menutup software yang tidak terpakai kamu bisa klik kanan pada pojok kiri bawah windows, kemudian klik task manager, software yang sedang terpakai akan terlihat dan kamu bisa menutupnya dengan disable.

2. Mematikan visual effect di windows

Secara default, Windows hadir dengan begitu banyak efek. Hal itu bisa saja menjadi penyebab laptop kamu terasa berat, apalagi jika hardware-nya tidak terlalu bertenaga. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas tampilan di laptop kamu. Caranya kamu cukup, ketik “performace” di menu Start, kemudian pilih Adjust the appearance  and performance of Windows. Kemudian, pilih tab Visual Effects, pilih “Adjust for best performance”, kemudian Ok.

3. Mengatur Power Option

Cara ini juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan FPS kamu, yaitu dengan melakukan manajemen daya untuk meningkatkan performa laptop kamu, Biasanya pada laptop, terdapat 3 opsi power option yang tersedia yaitu High Performance, Balance, dan Power Saved. Nah, kamu bisa memilih opsi High Performance untuk mendapatkan hasil grafis yang maksimal. Berikut langkah-langkahnya: Jalankan Control Panel, lalu pilih menu power option kemudian klik dan pilih opsi High Performance.

Nah! Itu dia cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk ningkatin FPS kamu sahabat techie. 

Jika kamu memiliki masalah pada laptop, yuk langsung konsultasikan ke Pemmztechie aja dengan menghubungi nomor ini 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 081298011560 dan 082223889889 (Area Jakarta Barat).